Titik-Titik Rawan Longsor di Jalur Mudik Jabar

Oleh Arie Nugraha pada 20 Mei 2019, 18:00 WIB
Diperbarui 21 Mei 2019, 21:14 WIB
Ilustrasi GPS untuk mudik

Liputan6.com, Bandung - Pusat Vulkanologi Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) Badan Geologi menyebutkan sebanyak 4 kawasan di jalur mudik Lebaran 2019 Jawa Barat rawan longsor. Ke-empatnya adalah kawasan Puncak Bogor, Malangbong Garut, Nagreg Kabupaten Bandung, dan Lubir.

Menurut Kepala Sub Bidang Gerakan Tanah Bagian Barat PVMBG Badan Geologi, Sumaryono, kawasan rawan longsor tersebut tidak berubah setiap tahunnya. Hanya saja kata Sumaryono, terdapat kawasan yag serupa namun tipe longsorannya adalah tanah ambrol.

"Ya kalau yang dikhawatirkan jalur puncak, jalur Malangbong kemudian yang lewat Selatan itu daerah lewat Singaparna itu kan potensinya ada beberapa. Kan dia lerengnya agak tegak, jadi kalau ada apa-apa langsung cepet brol gitu. Terus Cadas Pangeran, tapi setelah pas di kanterpilar itu kan kesana dikit. Yang sering longsor kan setelah itu sampai agak turun," kata Sumaryono, Senin (20/5/2019).

Sumaryono mengatakan, untuk kawasan rawan longsor di jalur kereta api terdapat di Malangbong Garut. Berdasarkan zona yang dimiliki oleh PVMBG Badan Geologi, tetapi saat ini pergerakan tanahnya relatif stabil.

Hal itu disebabkan dinding tebing yang rawan longsor di kawasan Malangbong Garut itu sebut Sumaryanto, telah dipasang bronjong atau telah dilakukan penguatan dinding tebing. Sumaryanto berharap penguatan dinding tebing tersebut dapat bertahan tanpa terganggu oleh kondisi cuaca.

"Itu titiknya masih disitu-situ saja. Namun ada yang telah dilakukan penguatan dinding tapi ada juga yang didiamkan saja. Tergantung curah hujannya juga, lebat apa enggak. Mudah - mudahan di bulan ini diperkirakan sudah mulai turun, kalau turun insyaallah lancar semua," ujar Sumaryono.

Sumaryono mengingatkan tanah longsor yang paling berbahaya saat mudik lebaran terjadi yaitu pada periode bulan Desember - Januari. Pada bulan tersebut curah hujan biasanya sangat tinggi sehingga rentan terjadi tanah longsor.

PVMBG Badan Geologi menyebutkan pula kawasan yang rentan terjadi tanah longsor di luar jalur mudik Lebaran 2019 antara lain di Ciwidey ke arah Cidaun Kabupaten Bandung. Kondisi di kawasan tersebut banyak digunakan menjadi lokasi wisata, sehingga banyak jalur air yang dipotong.

"Untuk jalur Utara jalan tol relatif aman sebetulnya. Nah untuk jalur tengah ini Cadas Pangeran kemudian yang kearah Wado, itu kan tipenya lambat ya masih bisa dilewatin lah," tutur Sumaryono. 

 

Simak juga video pilihan berikut ini:

 

Live Streaming

Powered by