Sukses

Tak Punya Biaya, Ibu Muda di Bali Melahirkan di Lapangan

Ia melakukan tindakan nekat itu lantaran tak memiliki biaya persalinan

Liputan6.com, Denpasar Tragis benar nasib Karina Lisiana. Ibu muda yang tinggal di kawasan Kabupaten Badung, Bali ini melahirkan di tengah tanah lapang ditemani anaknya yang masih kecil. Ia nekat melakukan hal itu lantaran tak memiliki biaya persalinan. Ya, Karina Lisiana mencoba melahirkan anak keduanya di tanah lapang tak jauh dari kamar kos-kosannya di depan SMK Mengwitani, Kabupaten Badung.

Kapolres Badung, AKBP Yudith Satriya Hananta membenarkan peristiwa itu. Ibu muda berusia 35 tahun itu kemudian dievakuasi oleh personelnya dari jajaran Satlantas Polres Badung. "Ya benar. Untuk data detailnya silakan hubungi Humas Polres Badung," kata Yudith dihubungi, Selasa (14/5/2019).

Kasubag Humas Polres Badung, Iptu I Ketut Oka Bawa menjelaskan, peristiwa ini bermula ketika pada Minggu sore (12/5/2019) sepasang suami istri datang melaporkan kepada petugas Satlantas Polres Badung. Mendapat laporan masyarakat, Kanit Laka Polres Badung Iptu I Made Sujana didampingi anggotanya Bripka I Made Sugiarta dan bripka Pande Setiawan langsung menuju lokasi.

Benar saja, di lokasi seorang ibu sudah terbaring lemah menahan sakit hendak melakukan persalinan. "Jadi, kemungkinan karena tak memiliki biaya dan sudah tidak tahan dengan rasa sakit sehingga dia (Karina Lisiana) mengambil inisiatif melahirkan di tanah lapang ditemani anak lelakinya yang masih kecil," kata Oka. 

Mengetahui demikian, petugas kepolisian segera melakukan pertolongan pertama untuk proses persalinan. Sementara petugas lainnya menghubungi ambulance untuk mengevakuasi Karina Lisiana.

"Beberapa anggota ada yang memberi pertolongan pertama seperti memberikan selimut, alas melahirkan dan lainnya. Sementara ambulance sudah dihubungi untuk mengevakuasi ibu tadi," katanya. 

Kanit Laka Polres Badung Iptu I Made Sujana yang ikut membantu korban menceritakan, peristiwa itu terjadi sekira pukul 17.30 Wita. Tak butuh waktu lama untuk mengevakuasi korban, karena ambulance telah tiba. Korban langsung dibawa menuju Puskesmas Mengwi. 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Suami Tak Tahu di Mana

"Ini soal kemanusiaan dan ini pula tugas kami selaku pengayom masyarakat. Terima kasih saya ucapkan kepada masyarakat yang telah memberikan informasi, sehingga bayi dan ibunya dapat kita selamatkan. Ini kita jadikan ladang yang subur untuk menanam kebajikan,"  ungkap Sujana. 

Tak cukup hanya mengevakuasi korban, petugas Satlantas Polres Badung juga rela merawat anak pertama Karina Lisiana yang masih kecil. Pakaian dan nutrisi yang cukup disediakan dengan baik. Saat ini, bocah kecil itu masih dijaga dan dirawat di Satlantas Polres Badung.

Demi mendapat pelayanan yang lebih baik, kini korban telah dievakuasi dan mendapat perawatan di RSUD Mangusada Kapal. "Anaknya perempuan dengan berat 1,9 kilogram. Karena kondisi kesehatan yang kurang baik untuk anaknya dan Puskesman keterbatasan alat, maka ibu dan bayi itu dirujuk ke RSUD Mangusada Kapal," paparnya.

Saat ini, anak pertama Karina Lisiana masih dalam perawatan di Satlantas Polres Badung lantaran di rumah sakit tak ada tempat penitipan anak. Hingga kini pihak kepolisian masih menghubungi keluarga korban yang berada di Pulau Jawa. "Kami tidak tahu suaminya di mana. Kami belum tanya sejauh itu. Biar kesehatannya membaik dulu," kata Oka menyudahi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.