Jom Balek Kampong, Berbuka di Batam Saja

Oleh Ajang Nurdin pada 12 Mei 2019, 18:00 WIB
Diperbarui 13 Mei 2019, 00:41 WIB
jom

Liputan6.com, Batam - Kuliner tradisional seperti kue jongkong, berbagai macam bubur, kolak, laksa, pempek, ketan durian siap menjadi takjil buka puasa pengunjung Batam Wonderfood Ramadan di Dataran Madani Batam Centre. Dekorasi juga disulap dengan obor minyak tanah yang disebut colok.

"Jom Balek Kampong. Ayo pulang kampung," tema besar yang membingkai acara bazaar ramadan tahun 2019 ini.

Menurut Kepala Dinas kebudayaan dan Pariwisata Kota Batam, Ardiwinata, Pemerintah Kota Batam mengambil tema dan konsep Jom Balek Kampong. Digelar pada Batam Wonderfood Ramadan bertujuan mengangkat kuliner melayu.

"Tentu tetap mengakomodasi masakan daerah lain Indonesia yang ada di Batam," kata Kepala  Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Batam,  Ardiwinata, Kepada Liputan6.com, Minggu (12/5).

Sadar bahwa mengangkat kuliner daerah butuh dukungan, maka berbagai kuliner kekinian juga disediakan. Menurut Ardi, seperti sudah jadi tradisi, setiap ramadan selalu digelar bazaar. Rupanya even itu akhirnya menjadi even yang ditunggu warga untuk mencari referensi buka puasa.

"Maka kita upayakan setiap tahun ditingkatkan. Baik variasi bazaar, hingga tema-tema yang kita usung untuk mengangkat lokalitas," kata Ardi.

Mau salat? Jangan khawatir. Disediakan tenda tertutup sebagai pengganti musala permanen. Lengkap dengan sumber air untuk wudu.

Kebutuhan hiburan juga disiapkan sebuah panggung yang bisa diisi apapun yang sifatnya menghivur. Tak harus kesenian tradisi atau seni rakyat, namun juga seni modern.

"Panggung ini free (gratis) bagi yang ingin mengisi. Silakan warga yang ingin menggelar acara buka bersama bisa dimanfaatkan disini," kata Ardi.

Pemerintah Kota Batam sadar bahwa Batam adalah lalu lintas internasional. Itulah sebabnya semua penyelenggaraan dimaksudkan untuk mendukung pemasaran wisata.

"Potensi masyarakat kita wadahi. Kami sudah berkoordinasi dengan travel agen dan sebagainya. Ayo berkegiatan di Batam Wonderfood Ramadan ini," kata Ardi.

Sebagai sebuah even dengan konsep one stop service, disediakan pula berbagai kuliner berat. Bisa untuk berbuka puasa maupun sahur. Gulai kepala ikan, cumi masak hitam, sambal paru, dendeng, telur balado, ayam balado, urap, gulai ubi, ayam gulai, ayam sambal hijau, adalah contoh sebagian kecil kuliner buka puasa yang disediakan.

Simak video pilihan berikut: