Mentari Pagi dari Negeri di Atas Awan Puncak Buttu Lenggo Sulbar

Oleh Eka Hakim pada 12 Mei 2019, 06:03 WIB
Diperbarui 13 Mei 2019, 13:14 WIB
Sambut mentari pagi dari puncak Buttu Lengo, Kecamatan Bulo, Sulbar (Liputan6.com/ Eka Hakim)

Liputan6.com, Polewali Mandar - Buttu Lenggo, pegunungan yang letaknya di Desa Lenggo, Kecamatan Bulo, Kabupaten Polewali Mandar, Provinsi Sulawesi Barat (Sulbar) memiliki daya tarik alam tak kalah indah dengan daerah lainnya di Indonesia.

Meski perjalanan menuju ke sana melewati akses jalan yang terjal, namun semua seakan tak berarti. Karena selama perjalanan, sejauh mata memandang akan dimanjakan dengan luasnya hamparan sawah milik masyarakat setempat. Di sekelilingnya masih terdapat hutan yang cukup lebat.

"Apalagi ketika sampai di puncak Buttu Lenggo, yah serasa berada di negeri atas awan. Pokoknya pemandangannya sangat indah," kata Pami (32), warga Wonomulyo, Kabupaten Polewali Mandar, Sulbar kepada Liputan6.com, Sabtu 11 Mei 2019.

Ia mengaku sudah dua kali menginjakkan kaki di Buttu Lenggo. Eksotik alam yang dimiliki Buttu Lenggo membuat dirinya selalu rindu ingin ke sana.

"Memang masih banyak yang belum mengetahuinya. Tapi saya jamin kalau sudah ke sana, pasti ingin bermalam beberapa hari dengan membuat tenda. Seru deh. Apalagi ingin melihat langsung detik-detik mentari pagi muncul," ujar Pami.

Ia berharap ke depannya, Pemerintah Provinsi Sulbar bisa mengelola pegunungan Buttu Lenggo sebagai kawasan wisata seperti daerah lainnya yang ada di Sulbar.

"Jadi bukan hanya di Toraja atau daerah lain di Sulsel yang ada negeri di atas awannya, Sulbar pun punya cuma belum terkenal. Yah seperti Buttu Lenggo ini," Pami menandaskan.

Saksikan video pilihan di bawah ini: