Sukses

Buah Manis Polisi di Blora Menggendong Kakek Difabel Saat Pemilu 2019

Ini aksi luar biasa yang dilakukan kepolisian, ceritanya sampai Mabes Polri, karena memang tugas polisi itu harus populis dan humanis.

Liputan6.com, Blora - Sebanyak 4 polisi yang menggendong kakek difabel saat akan menggunakan hak pilihnya di pemilu 2019 pada 17 April lalu mendapatkan penghargaan dari Polres Blora.

Penghargaan diberikan langsung oleh Kapolres Blora, AKBP Antonius Anang dalam upacara kenaikan pangkat yang berlangsung di Mapolres Blora, Rabu (8/5/2019).

Petugas yang mendapatkan penghargaan itu adalah, Aipda Eko Hery Wibawanto, Aipda Intarto, Bripka Achmad Nur Kholik dan Aipda Rudi Setyanto.

Ke empat polisi itu mendapat penghargaan atas aksinya menggendong seorang kakek stroke bernama Mardiyono (80) warga Kelurahan Tegalgunung Blora untuk menggunakan hak pilihnya untuk datang ke TPS.

Kapolres Blora, AKBP Antonius Anang mengatakan, penghargaan diberikan sebagai bentuk apresiasi Polri terhadap para anggotanya.

"Ini aksi luar biasa yang dilakukan kepolisian, ceritanya sampai Mabes Polri, karena memang tugas polisi itu harus populis dan humanis," kata Kapolres Anang.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Aksi Spontan

Kapolres meminta, baik Kapolsek maupun kasat untuk mengusulkan setiap anggotanya yang pantas dan layak mendapatkan penghargaan ke dirinya.

"Bagi pimpinan, Kapolsek, Kasat maupun Kabag, tolong diusulkan siapa anggotanya yang pantas dan layak untuk mendapatkan penghargaan," Pinta Kapolres Anang.

Aipda Eko Heri Wibawanto ditemui setelah menerima penghargaan, mengaku tidak mengira aksinya itu berbuah manis. Menurutnya, aksi gendong itu dilakukan spontan bersama anggota Bhabinsa dan Satlantas Blora.

"Saya kan bhabin tegalgunung, jadi sering koordinasi dengan warga situ. Pertama mbahnya gak mau. Saya bilang, Mbah saya cuma ngantar. Mbahnya akhirnya mau. Saya gendong sampai TPS, jaraknya 200 meteran, lumayan sampai keringetan," ungkap Aipda Eko Kepada Liputan6.com.

"Setelah nyoblos, saya gendong lagi pulang ke rumah," tambah Aipda Eko.

Saksikan video pilihan berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.