Sukses

Spot-Spot Menarik di Waisai Raja Ampat

Jika tidak memungkinkan menjelajah ke pulau-pulau yang jauh, tak masalah hanya sampai Waisai, ibu kota Raja Ampat.

Liputan6.com, Sorong - Kepulauan Raja Ampat, Papua Barat sangat populer sebagai destinasi wisata unggulan. Keindahan alamnya sungguh memikat, gugusan pulau-pulaunya hingga pemandangan bawah laut. Banyak traveler menggambarkannya sebagai 'sepotong surga yang terlempar ke bumi'.

Masalahnya, Raja Ampat adalah kepulauan besar. Jika akan menjelajah keindahan tiap pulau-pulaunya, tentu butuh dana besar. Namun jangan khawatir dengan dana yang terbatas. Kita masih bisa mencicipi keindahannya.

Jika tidak memungkinkan menjelajah ke pulau-pulau yang jauh, tak masalah hanya sampai Waisai, ibu kota Raja Ampat. Waisai adalah tempat singgah untuk memulai perjalanan menjelajah Raja Ampat.

Waisai pun menawarkan banyak keindahan. Dengan budget terbatas, kita sudah bisa memperkaya feed Instagram dengan foto-foto ciamik. Berikut beberapa tempat wisata menarik di Waisai:

Waisai Torang Cinta (WTC)

Tempat ini paling sering dikunjungi jika datang ke Waisai. Tempatnya tidak jauh dari pelabuhan Waisai. Perjalanan yang dibutuhkan tidak sampai lima menit dengan menggunakan kendaraan. Selama perjalanan dari pelabuhan hingga WTC, terhampar pemandangan hijaunya alam. 

Kita juga bisa berjalan-jalan santai, melintasi jembatan yang cukup panjang sambil menikmati keindahan alam di kawasan Raja Ampat ini. Lautan luas membentang berkawan pohon kelapa nan tinggi. Terlebih lagi jika suasananya sedang tidak ramai pengunjung, itu waktu paling tepat untuk duduk bersantai sambil menulis, membaca, atau kegiatan asyik lain.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Spot lainnya

AFU Dive Resort

Untuk menuju tempat yang tak kalah indah ini, estimasi waktu yang dibutuhkan sekitar 30 menit. Jika tidak terbiasa dengan jalan yang berliku, sebaiknya berkendara dengan pelan asal selamat.

Sesai namanya, ada tempat penginapan. Ini pas sekali untuk pecinta laut dan suka ataupun ingin belajar menyelam. Di AFU juga terdapat jembatan panjang dan dikelilingi resort-resort. Kita bisa menyusurinya sambil mendengarkan nyanyian alam.

Di ujung sering ada antrian cukup panjang. Pengunjung bergantian foto di salah satu spot paling menarik.

AFU Dive Resort memiliki dermaga kecil, mengapung, dan jika kita berdiri dan berjalan di atasnya akan terasa ombak yang berayun-ayun. Ikan-ikan asyik menari di alamnya, ke sana kemari menanti makanan yang diberi oleh para wisatawan. Datanglah dengan membawa mie instan ‘mentah’ untuk para ikan-ikan itu. Mereka tidak suka roti.

PUTRAS Resort

Ingin pemandangan yang lebih indah? Air laut yang lebih jernih? PUTRAS adalah jawabannya. Perjalanan yang dibutuhkan sekitar 30 menit dari AFU. Dalam perjalanan akan disuguhi banyak keindahan yang memukau. Namun, tetap fokus pada jalan kecil yang sangat berliku.

Saat pintu gerbang yang terbuat dari kayu sudah terbuka dan mulai melangkahkan kaki, maka burung-burung seakan menyambut. Ada kafe dan resort di kiri kanan jalan, juga jembatan jembatan kecil yang mengarah ke bentang laut sangat indah.

Kita juga bisa berjalan menuju puncak bukit dengan banyak anak tangga. Dari atas terlihat laut lepas yang jernih membiru.

Tempat-tempat tersebut adalah beberapa dari banyak spot menarik di Waisaii Raja Ampat. Datang dan nikmati, jaga agar tetap lestari.

(Wahidatul Munawaroh / Pegiat Literasi di Sorong Papua Barat)

Saksikan video pilihan berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.