Sukses

Kereta Bandara Baru Yogyakarta Mulai Beroperasi, Cek Rute dan Harga Tiketnya

Kereta bandara baru Yogyakarta mulai beroperasi Senin, 6 Mei 2019. Cek rute dan harganya di sini.

Liputan6.com, Yogyakarta - Kereta api bandara baru Yogyakarta mulai beroperasi pada Senin, 6 Mei 2019. Kereta bandara itu beroperasi seiring dengan mulai dibukanya penerbangan dari dan ke Bandara NYIA Kulonprogo.

"Untuk saat ini baru satu kali perjalanan karena menyesuaikan jadwal pesawat yang mendarat di sana, baru satu pesawat, Citilink," ujar Eko Budiyanto, Humas Daop 6 PT KAI, Selasa (7/5/2019).

Jadwal keberangkatan juga menyesuaikan jadwal penerbangan di bandara baru dan tertera di stasiun. Pada perjalanan pertama kemarin, kereta api bandara baru berangkat dari Stasiun Tugu pukul 10.52 WIB karena penerbangan dari bandara baru sekitar pukul 13.00 WIB.

Rute perjalanan kereta api bandara baru dimulai dari Stasiun Maguwo-Tugu-Wates-Wojo. Setibanya di Stasiun Wojo, penumpang dijemput dengan shuttle bus Damri menuju terminal bandara NYIA Kulonprogo.

Kereta api bandara baru masih menggunakan rangkaian Solo Express. Ada empat gerbong yang berkapasitas 196 penumpang duduk. Namun, kereta juga menyediakan fasilitas berdiri yang mampu menampung separuh dari jumlah kapasitas duduk. Jarak antara stasiun Tugu ke bandara dapat ditempuh hanya dalam 30 menit.

Eko menyiapkan dua rain set kereta bandara baru, meskipun demikian jumlah ini bisa bertambah seiring dengan bertambahnya jadwal penerbangan dari dan ke bandara NYIA Kulonprogo.

Harga tiket kereta api bandara baru sendiri dibanderol Rp 30.000. Akan tetapi, PT KAI memberikan potongan 50 persen, sehingga penumpang hanya membayar Rp 15.000.

"Harga promo ini belum tahu sampai kapan, belum ada keputusan kapan berakhirnya," kata Eko. 

 

Simak juga video pilihan berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.