Takjil Ramadan Khas Bugis-Makassar Ini Bisa Pulihkan Stamina

Oleh Eka Hakim pada 06 Mei 2019, 16:02 WIB
Diperbarui 06 Mei 2019, 16:02 WIB
Bolu peca, kue tradisional khas Bugis cocok jadi takjil Ramadan (Liputan6.com/ Eka Hakim)
Perbesar
Bolu peca, kue tradisional khas Bugis cocok jadi takjil Ramadan (Liputan6.com/ Eka Hakim)

Liputan6.com, Makassar - Sudah menjadi tradisi bagi kalangan emak-emak Bugis-Makassar ketika bulan suci Ramadan tiba. Mereka membuat beragam jenis kue tradisional yang akan dijadikan menu takjil keluarganya yang sedang berpuasa.

Biasanya untuk berbuka di awal puasa, emak-emak Bugis-Makassar tak pernah lupa membuat bolu peca yang merupakan kue tradisional suku Bugis-Makassar yang memiliki cita rasa tersendiri.

"Rasanya sangat manis dan memang sangat cocok disantap saat berbuka. Tubuh kembali pulih dan berstamina," kata Norma (43), emak-emak yang berdomisili di Jalan Pongtiku, Makassar, Senin (6/5/2019).

Saat berbuka, bolu peca biasanya disandingkan dengan secangkir teh atau kopi hitam yang sedikit pekat.

"Dijamin buka puasanya penuh semangat," ujar Norma.

Untuk membuat kue tradisional khas Bugis-Makassar tersebut cukup mudah dan seluruh bahan pokoknya juga mudah ditemukan di pasar-pasar tradisional.

"Kue khas Bugis-Makassar yang ini mudah dibuat dan tidak butuh waktu lama," Norma menandaskan.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

 

2 dari 2 halaman

Resep Membuat Bolu Peca Khas Bugis

Rasanya yang sangat manis, bolu peca khas Bugis cocok jadi takjil Ramadan (Liputan6.com/ Eka Hakim)
Perbesar
Rasanya yang sangat manis, bolu peca khas Bugis cocok jadi takjil Ramadan (Liputan6.com/ Eka Hakim)

Berikut resep dan cara membuat bolu peca khas Bugis yang dimaksud Norma.

Bahan untuk bolu :

1/2 sdt soda kue

3 butir telur ayam

4 sendok makan tepung beras putih

Bahan untuk gula :

1/2 sendok teh garam dapur

1 gelas air

1/2 sendok teh vanili

3/4 gula merah

Ketika semua bahan sudah tersedia, maka langkah pertama membuat adonan bolu peca dengan cara mengocok telur bersama campuran soda kue hingga benar-benar tampak mengembang. Kemudian masukkan tepung beras yang sudah disangrai kedalam adonan tadi.

Langkah berikutnya, memasukkan adonan bolu ke dalam loyang pembuatan kue bolu yang telah diolesi dengan mentega. kemudian dikukus sekitar 20 menit hingga bolu benar-benar matang.

Sembari menunggu proses pengukusan adonan bolu tadi, langkah berikutnya menyiapkan panci untuk digunakan mencampurkan air, gula merah, vanili dan garam. Seluruh campuran tadi lalu dididihkan hingga gula merahnya mencair dan larut.

Setelah dipastikan gula merah betul-betul telah larut, kemudian dilakukan penyaringan hingga tak ada ampas sedikit pun yang ikut.

Adonan bolu yang sudah matang melalui proses kukus tadi kemudian diangkat lalu dipotong-potong sesuai selera. Bolu yang telah disesuaikan ukurannya itu, lalu dicelup ke dalam air gula merah yang sudah dididihkan sebelumnya hingga keseluruhan potongan bolu berubah warna menjadi kecoklatan.

Bolu peca pun siap disantap. Tapi itu tadi jangan lupa agar lebih nikmat, sajikan dengan secangkir teh atau kopi hitam yang sedikit pekat. Selamat mencoba.

Lanjutkan Membaca ↓