Malas Antre Urus Kartu ATM Hilang? Bank Digital Aja

Oleh Switzy Sabandar pada 06 Mei 2019, 11:00 WIB
Diperbarui 06 Mei 2019, 11:00 WIB
Jenius
Perbesar
BTPN meluncurkan bank digital yang diberi nama Jenius untuk menjawab tantangan zaman dan mengakomodasi kebutuhan kaum milenial (Liputan6.com/ Switzy Sabandar)

Liputan6.com, Yogyakarta - Antre di bank untuk mengurus sesuatu adalah hal menjemukan, terlebih jika nasabah adalah orang yang sibuk. Menjawab tantangan zaman, BTPN menelurkan aplikasi revolusioner bernama Jenius.

Konsep bank digital ini adalah pengembangan dari keberadaan internet banking dan mobile banking. Berbeda dengan dua aplikasi itu, bank digital bukan sekadar mesin ATM di dalam ponsel, melainkan wujud riil bank sekaligus konsultan keuangan digital.

Aplikasi ini sebenarnya sudah ada sejak Agustus 2016. Semula Jenius hadir di Jabodetabek, Bandung, Surabaya, Malang, Medan, dan Makassar. Kini, Jenius resmi diluncurkan di Yogyakarta dan Semarang.

Jenius lahir untuk memberi solusi bagi nasabah yang malas mengurus kartu ATM hilang dan harus mengantre ke bank. Belum lagi biaya administrasi serta transfer yang harus mereka keluarkan ketika bertransaksi di bank atau ATM.

Aplikasi ini juga memudahkan orang yang ingin membuka lebih dari satu akun rekening di bank yang sama serta membuat tabungan sesuai dengan kebutuhan mereka. Melalui Jenius, orang juga bisa mengatur pengeluaran dan tabungan sesuai dengan keperluan mereka.

Irwan menegaskan Jenius bukan e-wallet, sehingga pengguna tidak perlu khawatir dengan jaminan keamanannya. Jenius merupakan bank digital BTPN yang sudah diawasi Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan dijamin oleh Lembaga Penjamin Simpanan (LPS).

Selain tabungan, aplikasi ini juga merupakam perpaduan ponsel pintar dan Visa debit, sehingga memungkinkan penggunanya tarik tunai saat di luar negeri. Bertransaksi di sejumlah market place internasional pun bisa menggunakan Jenius tanpa harus memiliki kartu kredit atau PayPal.

"Aplikasi bank digital ini jadi solusi life finance yang menggabungkan gaya hidup dan finansial untuk membantu masyarakat digital savvy dalam mengambil keputusan yang lebih bijak," kata Irwan.

Simak video pilihan berikut

 

2 dari 3 halaman

Aneka Fitur yang Disesuaikan Kebutuhan Milenial

Jenius
Perbesar
BTPN meluncurkan bank digital yang diberi nama Jenius untuk menjawab tantangan zaman dan mengakomodasi kebutuhan kaum milenial (Liputan6.com/ Switzy Sabandar)

Fitur yang disediakan Jenius memungkinkan masyarakat digital savvy mengatur finansial sendiri, seperti, membuka tabungan, melakukan transaksi, dan mengelola rekening dengan lebih simpel, cerdas, dan aman, kapan pun melalui smartphone. Fitur fitur itu, antara lain, Send It yang dapat digunakan untuk mengirimkan uang dan membayar tagihan telepon, kartu kredit, e-commerce, internet, televisi berlangganan, transportasi, dan isi pulsa melalui smartphone.

Ada pula fitur $Cashtag yang memberikan pilihan bagi pengguna untuk mengingat dan memberikan informasi nomor rekening ke pihak lain dengan lebih mudah, karena diciptakan bukan dengan deretan angka melainkan nama. Jenius juga menyediakan beberapa jenis tabungan dalam satu akun Jenius seperti Flexi Saver, Dream Saver, dan Maxi Saver.

Flexi Saver merupakan tabungan fleksibel dengan bunga menarik yang bisa ditarik atau disetor kapan saja tanpa terikat periode waktu tertentu. Tabungan Dream Saver dapat digunakan untuk mewujudkan tujuan spesifik serta dapat secara otomatis ditarik dari saldo aktif baik harian, mingguan, atau bulanan. Sementara, Maxi Saver adalah deposito berjangka dari Jenius dengan bunga optimal.

"Pengguna Jenius dapat membuat tabungan deposito tanpa perlu mengantre di kantor cabang, serta dapat menentukan periode simpanan secara fleksibel, yaitu mulai dari satu hingga 12 bulan, dengan bunga sampai tujuh persen," kata Irwan.

Selain itu, setiap pengguna Jenius berkesempatan mendapatkan hingga lima kartu debit yang dilengkapi dengan jaringan Visa dan GPN yang berfungsi untuk melakukan alokasi finansial sesuai dengan kebutuhan. Kartu debit Jenius antara lain kartu debit utama (m-Card), kartu debit virtual (e-Card), dan kartu debit tambahan (x-Card) yang dapat digunakan di jaringan ATM Bersama atau Prima. Fitur e-Wallet Center juga disediakan untuk memudahkan pengguna top-up Go-Pay, OVO, Link Aja, dan M-Tix.

 

3 dari 3 halaman

Transparan dan Personal

Jenius
Perbesar
BTPN meluncurkan bank digital yang diberi nama Jenius untuk menjawab tantangan zaman dan mengakomodasi kebutuhan kaum milenial (Liputan6.com/ Switzy Sabandar)

Jenius juga mendesain sistem biaya yang unik dan personal sesuai dengan kebutuhan, transparan, serta tidak ada biaya tersembunyi.

"Jenius percaya bahwa kamu hanya bayar sesuai yang kamu pakai," tutur Irwan.

Ia menyebutkan di Jenius tidak ada biaya admin, kartu, penalti, biaya pembukaan dan penutupan ATM, biaya pembayaran tagihan, biaya transaksi e-commerce, dan tidak ada saldo minimum.

Sebagai perkenalan, Jenius memberikan sejumlah kemudahan untuk nasabah yang baru melakukan registrasi. Untuk nasabah yang baru melakukan registrasi Jenius Mereka akan mendapatkan 25 kali bebas biaya transfer dan 25 kali bebas biaya tarik tunai di ATM Prima atau Bersama sampai dengan akhir bulan berikutnya setelah nasabah selesai melakukan registrasi.

"Untuk melakukan aktivasi akun Jenius juga semakin mudah, yaitu melalui video call dengan Jenius Crew," kata Irwan. 

   

Lanjutkan Membaca ↓

Live Streaming

Powered by