Sukses

Tradisi Minangkabau Manjalang Mintuo, Cermin Keakraban Mertua dan Menantu

Tidak hanya menjelang Ramadan, tradisi masyarakat Minangkabau ini juga kerap dilakukan pada saat setelah Idul Fitri.

Liputan6.com, Pulau Punjung - Tradisi Minangkabau 'manjalang mintuo' atau mengunjungi mertua oleh menantu perempuan masih bertahan di Kabupaten Dharmasraya, Sumatera Barat dalam menyambut bulan Ramadan 1440 Hijriah.

Seperti halnya Tri Rahma (26) masyarakat Sikabau, di Pulau Punjung, Minggu, 5 Mei 2019, mengatakan manjalang mintuo, selain bentuk penghormatan, juga sebagai ajang mempererat silaturahmi antara menantu dan mertua.

Manjalang mintuo bukan hanya datang ke rumah dan saling maaf-bermaafan, tetapi kata dia disertai membawa rantang yang berisi bermacam masakan. Makanan tersebut akan dihidangkan dan dimakan bersama-sama.

"Iya hari ini mau ke tempat mertua, bawa makanan juga untuk makan bersama nanti di rumah mertua," katanya, dilansir Antara.

Sementara, Ketua Kerapatan Adat Nagari (KAN) Sikabau, Kecamatan Pulau Punjung, Jamhur Dt Jati menerangkan selain menyambut Bulan Suci Ramadan, manjalang mintuo juga kerap dilakukan pada saat setelah Idul Fitri.

Ia mengatakan biasanya rantang berisi masakan berupa gulai daging, rendang, ikan goreng, sambal, kue, dan berbagai macam kuliner tradisional lainnya.

"Saat ini masih banyak warga yang menjalankan tradisi manjalang mintuo sebagai bentuk penghormatan antara menantu dengan mertua," katanya.

Meski tradisi tersebut sudah menjadi turun-temurun dalam masyarakat Minangkabau, ia juga tak menampik jika ada sebagian dari masyarakat yang tidak melaksanakan. Hal ini mungkin dikarenakan beberapa faktor seperti, faktor ekonomi, dan lain-lain.

"Mungkin saja lantaran ekonomi, namun ada juga warga yang tidak membawa rantang dan hanya mengunjungi saja, tidak masalah, tidak ada larangan, poin pentingnya adalah silaturahmi," katanya.

Ia berharap tradisi manjalang mintuo bertahan di tengah kehidupan masyarakat khususnya Minangkabau. Karena mengunjungi dan bersilaturahmi dengan orangtua yang masih hidup merupakan suatu keharusan yang tidak boleh ditinggalkan.

"Kunjungilah kedua orangtua selagi mereka masih hidup. Tanpa makanan yang dibawa, tetaplah datang dan bersilaturahmi dengan orangtua," dia menambahkan.

 

Simak video pilihan berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.