Sukses

Otak Anda Sehat? Cek Dulu

Kesadaran masyarakat untuk memeriksakan kesehatan otak (brain check up) secara rutin masih sangat jarang.

Liputan6.com, Medan - Siloam Hospitals Dhirga Surya Medan menggelar edukasi terkait kesehatan otak bertajuk “The Amazing Human Brain and The Potential Catastrophe” pada Sabtu (4/5/2019) di Cinemaxx Sun Plaza, Medan.

Menghadirkan narasumber Ketua Tim Bedah Saraf Siloam Hospitals Lippo Village Eka J. Wahjoepramono, berbagai kasus gangguan kesehatan otak yang telah ditangani oleh disajikan dalam format layar lebar 3 dimensi dan disaksikan oleh masyarakat awam, dokter, serta para mantan pasien.

“Format film merupakan salah satu media audio visual yang dapat menyampaikan edukasi secara efektif dan variatif. Edukasi seperti ini kami lakukan dengan tujuan agar masyarakat bisa lebih memahami dengan mudah apa yang kami sampaikan, selain tampil lebih fun dan menarik,” ujar Eka J. Wahjoepramono, inisiator edukasi kesehatan otak tersebut.

Siloam Hospitals Dhirga Surya Medan merupakan rumah sakit di jaringan Siloam Hospitals Group yang memiliki Pusat Unggulan Saraf & Bedah Saraf. Pusat unggulan yang menangani berbagai kondisi dan gangguan kesehatan otak, sumsum tulang belakang, dan saraf perifer ini terdiri dari tim spesialis bedah saraf dan saraf berpengalaman. 

Serta didukung dengan peralatan medis mutakhir, antara lain seperti Magnetic Resonance Imaging (MRI) 1.5 Tesla, CT Scan 256 Slide. Berbagai macam kasus gangguan kesehatan otak, termasuk melakukan 50 operasi batang otak yang memiliki tingkat kerumitan tinggi berhasil dilakukan oleh tim Bedah Saraf Siloam Hospitals Group.

“Kesadaran masyarakat untuk memeriksakan kesehatan otak (brain check up) secara rutin masih sangat jarang. Selama ini lebih banyak orang yang memeriksakan kesehatan jantung atau organ tubuh lainnya,” jelas Direktur Siloam Hospitals Dhirga Surya Medan dr. Mangantar Marpaung, MMKes.

Pada kenyataannya, brain check up sangat diperlukan karena berguna untuk mendeteksi penyakit yang mengancam kesehatan otak, seperti stroke. Hal inilah yang ingin disosialisasikan juga kepada masyarakat awam melalui acara edukasi ini.

Salah satu cara melakukan brain check up adalah dengan menggunakan MRI yaitu sebuah prosedur diagnostik mutakhir untuk memeriksa dan mendeteksi kelainan organ di dalam tubuh dengan menggunakan medan magnet dan gelombang frekuensi radio tanpa radiasi sinar X atau bahan radioaktif.

Dengan MRI, sel-sel hingga yang terkecil sekali pun di dalam otak dapat terlihat dan terdeteksi. Pemeriksaan MRI dianjurkan untuk mereka yang berusia 40 tahun ke atas, di mana risiko stroke sangat tinggi di usia ini, namun juga dianjurkan untuk mereka yang punya riwayat keluarga menderita stroke.

“Pencegahan tentunya lebih baik daripada mengobati. Dengan kesadaran dan rutin melakukan pemeriksaan, kita dapat mencegah dan mendeteksi dini segala kemungkinan yang bisa terjadi,” kata dr. Mangantar

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.