Sukses

Top 3 Berita Hari Ini: Tanah Bumbu Siap Jadi Ibu Kota Negara

Top 3 Berita Hari Ini, apa yang membuat Kabupaten Tanah Bumbu, Kalimantan Selatan dinilai strategis menjadi Ibu Kota baru?

Liputan6.com, Tanah Bumbu - Top 3 Berita Hari Ini, sejumlah kota besar di Tanah Air kini tengah dilirik pemerintan untuk dijadikan Ibu Kota Negara. Sebut saja beberapa di antaranya, Palangkaraya, Mamuju, Garut, dan banyak lagi. 

Satu kota lagi yang disebut-sebut menjadi kandidat Ibu Kota baru, yaitu Kabupaten Tanah Bumbu, Kalimantan Selatan.

Ada sejumlah pertimbangan mengapa kota ini dinilai strategis untuk dijadikan Ibu Kota. Dari segi geografis, kontur tanah di daerah ini sangat memungkinkan untuk area pemerintah dan perkantoran.

Sementara itu, sebuah video rekaman kekerasan viral di media sosial. Aksi tersebut terjadi di Dermaga Wijayapura, Nusakambangan, Cilacap.

Dalam rekaman yang beredar dilaporkan sang sipir dan pegawai lapaslah yang melakukan aksi kekerasan tersebut. Sedangkan korbannya adalah sejumlah napi. 

Menurut Kepala Lapas Batu yang juga Koordinator Kepala Lapas se-Nusakambangan dan Cilacap, Erwedi Supriyatno mengatakan, video viral itu diduga adalah pemindahan narapidana dari sejumlah Lapas di Bali, akhir Maret 2019 lalu.

Berikut berita terpopuler dalam Top 3 Berita Hari Ini:

1. Tanah Bumbu Siap Jadi Jakarta Baru

Ribuan orang atau pengunjung sangat antusias mengikuti puncak acara Pesta Laut Mappanretasi 2017 yang digelar di Kabupaten Tanah Bumbu.

Pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu, Kalimantan Selatan menyatakan kesiapannya menyambut pemindahan ibu kota negara dan akan mendukung penuh mengenai hal-hal yang diperlukan nantinya.

Sekretaris Daerah Kabupaten Tanah Bumbu, Rooswandi Salem di Batulicin, mengatakan, secara geografis dan geopolitik lokasi Tanah Bumbu sangat strategis untuk dapat ditetapkan sebagai tempat pemindahan ibukota negara.

"Hal tersebut juga didukung dengan kontur tanah dan lahan yang sangat memungkinkan untuk area pemerintah dan perkantoran, dibandingkan dengan daerah daerah lain yang ada di Pulau Kalimantan," katanya, Rabu (1/5/2019) dilansir Antara.

Selengkapnya... 

2. Buntut Video Viral Kekerasan Narapidana Narkoba di Nusakambangan

Foto: Istimewa/ M Ridlo

Kepala Lapas Narkotika, Nusakambangan, Cilacap, Jawa tengah dicopot dari jabatannya menyusul beredarnya video viral berisi rekaman kekerasan yang diduga dilakukan sipir dan pegawai lapas di Dermaga Wijayapura, Nusakambangan, Cilacap.

Video yang beredar viral di berbagai linimassa itu memperlihatkan sejumlah napi yang diseret, diangkat, dan mengalami kekerasan fisik.

Latar belakang video berupa perahu dan Pulau Nusakambangan memperkuat dugaan bahwa peristiwa itu terjadi di Dermaga Wijapura, pelabuhan khusus untuk penyeberangan ke Nusakambangan.

Selengkapnya... 

3. Alasan Kuat Bumi Lancang Kuning Jadi Kandidat Ibu Kota Negara

Tugu Zapin yang menjadi ikon Kota Pekanbaru di Jalan Jenderal Sudirman. (Liputan6.com/M Syukur)

Rencana pemindahan ibu kota negara kembali menjadi perbincangan hangat setelah Presiden Joko Widodo mewacanakan lagi beberapa waktu lalu. Rencana sejak zaman orde lama ini kemudian mengerucut ke tiga pulau, yaitu Kalimantan, Sulawesi, dan Sumatera.

Kalimantan mendapat peluang besar karena Presiden Sukarno pernah mengutarakan niat memindahkan ibu kota negara dari Jakarta ke Palangkaraya. Posisinya juga diuntungkan karena berada di tengah-tengah lima pulau terbesar di Indonesia.

Namun begitu, Pulau Sumatra tidak bisa dilupakan, khususnya daerah di pantai timur yang meliputi sebagian Sumatera Utara dan Riau. 

Selengkapnya...

  

* Ikuti perkembangan Real Count Pilpres 2019 yang dihitung KPU di tautan ini

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.