Sukses

Hikayat Bener Meriah dengan Pangan Berlimpah

Selain kopi arabika, juga ada tanaman hortikultura seperti kentang, lada, cengkeh, tembakau, dan ragam buah–buahan di Bener Meriah.

Liputan6.com, Bener Meriah - Plt Gubernur Aceh Nova Iriansyah menyatakan Bener Meriah merupakan pusat pengembangan tanaman pangan dan pengawal bagi pelestarian hutan Aceh.

"Bener Meriah banyak menghasilkan komoditas hortikultura, yang harus dioptimalkan guna meningkatkan kesejahteran rakyat. Kabupaten ini juga memiliki kawasan hutan lindung, hutan produksi, dan hutan margasatwa yang luas," katanya di Bener Meriah, Selasa, 30 April 2019, dilansir Antara.

Pernyataan itu disampaikannya dalam Sidang Paripurna Istimewa DPR Kabupaten Bener Meriah, dalam rangka pelantikan dan pengambilan sumpah Teungku Sarkawi sebagai Bupati Bener Meriah, sisa masa jabatan 2019-2022.

Ia menjelaskan berdasarkan data BPS, sekitar 78,76 persen penduduk Bener Meriah bekerja sebagai petani dan komoditas paling terkenal dari daerah ini adalah kopi arabika yang produksinya telah menembus pasar Eropa dan Amerika. Selain itu, juga ada tanaman hortikultura seperti kentang, lada, cengkeh, tembakau, dan ragam buah–buahan.

Nova mengimbau agar pemkab memberi perhatian lebih serius terhadap sektor agrobisnis dengan menerapkan teknologi dan inovasi bidang pertanian.

"Kami meyakini pengembangan sektor agrowisata akan memperkuat peran Bener Meriah sebagai pusat pengembangan tanaman pangan dan pengawal bagi pelestarian hutan Aceh," katanya.

Plt Gubernur juga mengingatkan bahwa sebagai kepala pemerintahan, seorang bupati memiliki kewajiban merangkul semua elemen yang ada, untuk bekerja sama membangun Bener Meriah sehingga segala potensi yang dimiliki dapat dioptimalkan.

"Sebagai kepala pemerintahan, saudara adalah milik seluruh elemen masyarakat Bener Meriah, bukan lagi milik partai pengusung, hanya dengan sinergi dan kolaborasi bersama seluruh elemen, maka pembangunan akan berjalan dengan baik di Bener Meriah," kata Nova.

Bupati Bener Meriah Sarkawi mengatakan untuk membangun daerah tersebut dirinya berharap dukungan dari semua komponen di kabupaten setempat.

"Saya mengajak semua pihak untuk bersinergi dalam upaya membangun dan menghadirkan kesejahteraan bagi seluruh rakyat Bener Meriah,” katanya.

 

Simak video pilihan berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.