Sukses

Damai Pagi dari Desa Berselimut Awan di Luwu Utara

Dari masamba kita harus menempuh perjalanan darat lagi sekitar 64 kilometer.

Liputan6.com, Luwu Utara - Rinding Allo nama desa itu, tapi orang-orang mengenalnya dengan sebutan Desa Berselimut Awan. Desa Rinding Allo terletak di kawasan pegunungan yang berada di kecamatan Rongkong, Kabupaten Luwu Utara, Sulawesi Selatan. 

Sejak tahun 2017, desa ini telah berstatus desa wisata. Desa yang berada di ketinggian 1600 meter di atas permukaan laut itu memang memiliki sejumlah objek wisata yang menarik.

"Sudah dua tahun jadi desa wisata, lokasinya memang sangat keren," kata Wahyu Basri, pelancong lokal yang pernah berkunjung ke Desa Rinding Allo, Jumat, 26 April 2019.

Untuk mencapai desa berselimut awan ini memang perlu perjuangan, lantaran jaraknya yang cukup jauh. Dari Ibukota Sulawesi Selatan, Kota Makassar, pengunjung bisa menempuh perjalanan darat sekitar 10 jam dengan jarak 325 kilometer menuju ibu kota Kabupaten Luwu Utara, Kota Masamba.

"Dari masamba kita harus menempuh perjalanan darat lagi sekitar 64 kilometer," tambah Wahyu.

Perjalanan yang melelahkana itu dijamin terbayar lunas. Selama dalam perjalanan menuju Desa Rinding Allo, wisatawan disuguhi pemandangan yang indah seperti pegunungan berjejer yang asri nan hijau.

"Apalagi kalau sudah sampai di lokasi Desa Wisata Rinding Allo. Pasti langsung lupa kalau perjalanan sebelumnya ternyata jauh," ucapnya.

Hamparan sawah bertingkat atau terasiring menambah eksotisme Desa Rinding Allo. Belum lagi udaranya yang dingin dan segar yang akan memanjakan paru-paru setiap orang yang berkunjung kesana.

"Udaranya dingin, mungkin sekitar 20 derajat. Apalagi kalau lagi diselimuti awan," ungkap  Wahyu.

Sebagai desa wisata Rinding Allo tentu saja menyiapkan banyak spot wisata, seperti hutan pinus, lokasi berswafoto yang instgramable, lokasi untuk berkemah, dan lokasi melihat matahari terbit dan matahari terbenam.

Saksikan video menarik berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.