Salam Damai dari Batu Karapu, Durdle Door Inggris di Kepulauan Selayar

Oleh Fauzan pada 25 Apr 2019, 06:06 WIB
Batu Karapu mirip dengan Durdle Door di Inggris (Fauzan/Liputan6.com)

Liputan6.com, Selayar - Mungkin kalian sudah tahu salah satu objek wisata terkenal di Inggris yang bernama Durdle Door, yaitu tebing yang menjorok kelaut dan memiliki lubang dibawahnya layaknya sebuah pintu. Kepualuan Selayar, Sulawesi Selatan ternyata juga memiliki pantai yang sangat mirip dengan Durdle Door bernama Batu Karapu.

Pantai dengan pasir putih ini, terletak di Dusun Tongke-Tongke, Desa Lowa, Kecamatan Bontosikuyu, Kabupaten Kepulauan Selayar, Sulawesi Selatan. Sekitar 40 kilometer sebelah selatan Kota Benteng.

"Batu Karapu sangat indah, pantai dengan pasir putih bertekstur halus, air laut yang jernih kebiru-biruan dan panorama sunset yang menawan tatkala matahari tenggelam di ufuk barat," kata Ilham Arjuni, pelancong lokal yang sempat berkunjung ke Batu Karapu, Rabu, 24 maret 2019.

Ilham menjelaskan bahwa keunikan yang dimiliki oleh Pantai Batu Karapu adalah karena tebing berlubang yang menjorok kelaut yang sangat mirip dengan pantai Durdle Door yang berada di Inggris. Tempat ini menjadi destinasi wisata yang sangat instgramabel karena ada banyal spot foto di lokasi tersebut.

"Kita bisa foto di atas tebing, bisa di lubang yang menjorok ke laut itu atau bisa juga di pantainya maupun di laut sambil snorkling," dia menyebutkan.

Jika dilihat dari atas, Pantai Batu Karapu berbentuk tanjung dengan sisi timur dan  sisi barat yang sama indahnya. Pepohonan yang memenuhi hampir seluruh wilayah pantai, menambah asri suasana bagi berkunjung.

"Itu kalau difoto dari atas pakai drone maka bentuknya mirip penyu," ilham menjelaskan.

Jika hendak ke Pantai Batu Karapu, butuh setidaknya satu jam lamanya menggunakan kendaraan darat dari Kota Benteng, ibu kota Kabupaten Kepulauan Selayar. Sayangnya di Pantai Batu Karapu belum disediakan fasilitas rumah makan dan penginapan.

"Memang tergolong masih baru, makanya belum dikelola dengan baik. Saya dengar pemerintah akan segera membangun penginapan dan rumah makan disini untuk meningkatkan pengunjung," jelas Ilham.

Karena lokasinya yang terletak di sebelah barat Kepulauan Selayar, Ilham pun menyarankan agar tidak ke Pantai Batu Karapu pada bulan Oktober hinga bulan April. Di waktu tersebut, di pesisir barat Selayar, angin bertiup kencang dengan ketinggian ombak mencapai 3 meter.

"Iya itu musim angin barat. Kecuali hendak main selancar, mungkin bisa," ucapnya.

* Ikuti Hitung Cepat atau Quick Count Hasil Pilpres 2019 dan Pemilu 2019 di sini

Saksikan juga video pilihan beikut ini:

 

Live Streaming

Powered by