Palembang dan Bandung Bersaing Jadi Kota Wisata MICE

Oleh Nefri Inge pada 16 Apr 2019, 08:01 WIB
Kota Palembang Siap Saingi Bandung Sebagai Kota Wisata

Liputan6.com, Palembang - Perhelatan Asian Games 2018 yang berjalan sukses membuat Kota Palembang, Sumatera Selatan (Sumsel) semakin dikenal masyarakat luas.

Semakin tingginya jumlah pengunjung, membuat Kota Palembang meraih Juara 1 The Most Emerging In Indonesia, beberapa waktu lalu.

Kepala Bagian Hubungan Masyarakat (Kabag Humas) Pemerintah Kota (Pemkot) Palembang Amiruddin Sandi mengungkapkan, Kota Palembang terus berkembang dan semakin dikenal sebagai salah satu destinasi wisata di Indonesia.

Terkhusus untuk kunjungan Meeting, Incentive, Convention and Exhibiton (MICE), Kota Palembang siap bersaing dengan Kota Bandung, Jawa Barat.

"Biasanya orang melakukan kunjungan untuk MICE di Indonesia sering ke Kota Bandung. Tapi sekarang Palembang sedang gencarnya dikunjungi untuk kegiatan ini, baik meeting perusahaan BUMN, BUMD, pemerintahan dan lainnya," ujarnya kepada Liputan6.com, Senin (15/4/2019).

Masifnya pembangunan fasilitas di Kota Palembang, seperti hotel, pusat wisata alam dan religi serta sarana prasaran lainnya, membuat Ibu Kota Sumsel ini semakin banyak dilirik wisatawan.

Meskipun trafik lalu lintas semakin padat dan macet, Kota Palembang yang sudah dilengkapi dengan Light Rail Transit (LRT), menjadi alternatif angkutan cepat yang semakin diminati wisatawan.

Kota Palembang berhasil meraih Penghargaan The Most Emerging In Indonesia dari Kementrian Pariwisata (Kemenpar), dengan menyisihkan tiga kandidat kota lainnya, yaitu Balikpapan, Manado dan Batam.

Menurut Kepala Dinas Pariwisata Palembang Isnaini Madani, dengan meraih peringkat 1, Pemkot Palembang akan terus mengeksplor potensi yang ada, sehingga even besar akan terus diselenggarakan.

"Kemenpar bekerja sama dengan tim Independent yang diketuai oleh Direktur Politeknik Negeri Jakarta untuk penilaiannya. Kota Palembang dinilai sukses dalam mengadakan evan skala kecil dan besar," ujarnya.

 

2 of 2

Kota Wisata Halal

Kota Palembang Siap Saingi Bandung Sebagai Kota Wisata
Kampung arab Al-munawar Palembang yang menjadi salah satu destinasi religi Islam di Kota Palembang (Liputan6.com / Nefri Inge)

Peningkatan jumlah wisatawan di Kota Palembang, akan berdampak besar pada Pendapatan Asli Daerah (PAD). Beberapa pusat wisata yang sedang digandrungi para turis seperti Pulau Kemaro dan Kampung Arab Al-Munawar.

Sebelumnya, Kota Palembang berhasil meraih penghargaan sebagai Juara 1 Kota Wisata Halal. Hal ini semakin diperkuat dengan program rutin Safari Subuh.

Yaitu dengan melaksanakan salat subuh berjamaah secara bergantian di tiap masjid dan musala di tiap kelurahan.

Program ini pun sudah ditetapkan menjadi Peraturan Wali Kota (Perwali) oleh Wali Kota (Wako) Palembang Harnojoyo. Bahkan program ini turut diikuti oleh Wako Bengkulu Helmi Hasan.

"Kegiatan ini sangat memotivasi kami untuk ikut juga melaksanakannya secara rutin. Apalagi di Palembang, program ini konsisten dilakukan dan kami sangat mengapresiasinya," ujarnya.

 

Simak juga video pilihan berikut ini:

 

Lanjutkan Membaca ↓