Memikul Surat Suara ke Desa Pinogu, Jalan Kaki 14 Jam dan Melintasi Hutan

Oleh Arfandi Ibrahim pada 15 Apr 2019, 03:02 WIB
Diperbarui 17 Apr 2019, 02:13 WIB
Logistik Pemilu Pinogu Dipikul

Liputan6.com, Gorontalo - Distribusi surat suara dan logistik Pemilihan Umum (Pemilu) 2019 mulai dilakukan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Gorontalo melalui KPU kabupaten/kota.

Langkah awal, pendistribusian surat suara dilakukan untuk wilayah terjauh. Salah satunya kecamatan Pinogu, Kabupaten Bone Bolango, Minggu (14/4/2019).

KPU Kabupaten Bone Bolango sudah melakukan distribusi ke wilayah terjauh di Kecamatan Pinogu.

Menariknya, pendistribusian surat suara pemilu ke Kecamatan Pinogu dilakukan bukan menggunakan kendaraan bermotor. Melainkan menggunakan tenaga manusia dengan cara dipikul dan jalan kaki. Dikawal petugas gabungan, warga pun diajak terlibat untuk mengantarkan surat suara sampai ke lokasi.

Pendistribusian dengan cara dipikul itu dilakukan karena kondisi medan menuju ke Kecamatan Pinogu yang sulit ditempuh dengan kendaraan bermotor.

Pendistribusian surat suara pemilu ke Pinogu dengan cara dipikul dimulai dari Desa Tulabolo, Kecamatan Suwawa Timur. Perjalanan menuju ke Desa Pinogu akan ditempuh lebih kurang 12-14 jam lamanya.

2 of 2

Ribuan Pemilih

Simulasi Pemilu 2019
Warga memasukkan surat suara yang telah dicoblos saat mengikuti simulasi pemungutan dan pencoblosan surat suara Pemilu 2019 di Taman Suropati, Jakarta, Rabu (10/4). Simulasi dilakukan untuk meminimalisir kesalahan dan kekurangan saat pencoblosan pemilu pada 17 April nanti. (Liputan6.com/Johan Tallo)

Kecamatan Pinogu memiliki jumlah pemilih sebanyak 1.462 jiwa. Kecamatan Pinogu terdiri 5 Desa terdiri Desa Pinogu, Bangio, Dataran Hijau, Tilonggibila serta Pinogu Permai.

Komisioner Provinsi Gorontalo Sophian Rahmola mengemukakan, sesuai petunjuk teknis (Juknis) pendistribusian surat suara dan logistik Pemilu 2019 dimulai dari daerah terjauh.

Kecamatan Pinogu merupakan salah satu kecamatan terjauh di Provinsi Gorontalo.

"Jadi hari ini dilakukan distribusi surat suara ke Kecamatan Pinogu," kata Sophian Rahmola ketika melepas distribusi logistik di Kabupaten Bone Bolango.

Mantan Ketua KPU Gorontalo Utara (Gorut) menjelaskan, untuk pengiriman logistik ke Pinogu menggunakan 24 orang warga pinogu, yang kesehariannya dikenal dengan sebutan kijang (tukang pikul).

"Logistik yang dikirim ada 53 kota. Terdiri 40 Kotak untuk TPS dan 13 kotak PPK. Jumlah TPS di Kecamatan Pinogu ada sebanyak 8 TPS," ujar Sophian Rahmola.

Saksikan video pilihan berikut ini:

Lanjutkan Membaca ↓