Sukses

PT KAI Gratiskan Tiket Kereta Api Lokal di Bandung, Cek Rutenya

Tiket gratis kereta api tersebut berlaku pada saat Hari Ulang Tahun ke-21 Kementerian BUMN.

Liputan6.com, Bandung PT Kereta Api Indonesia (Persero) memberlakukan tiket dengan tarif Rp0 alias gratis untuk KA Lokal atau komuter PSO (subsidi) dan perintis. Tiket KA gratis tersebut berlaku pada Hari Ulang Tahun ke-21 Kementerian BUMN.

"Menyambut momentum HUT ke-21 Kementerian BUMN, promo Rp0 tersebut merupakan kontribusi KAI dalam mewujudkan BUMN Hadir untuk Negeri. Semoga masyarakat dapat memanfaatkan promo ini semaksimal mungkin," kata Direktur Utama KAI Edi Sukmoro.

Masyarakat dapat menikmati perjalanan tanpa biaya dengan kereta tersebut untuk perjalanan pada Sabtu, 13 April 2019.

Sementara itu, Manager Humas PT KAI Daerah Operasi 2 Bandung, Joni Martinus menyampaikan bahwa khusus di wilayahnya, ada empat KA lokal PSO yang akan menerapkan tarif Rp0.

Rutenya yaitu, pertama KA Cibatuan relasi Purwakarta - Cibatu (PP). Berikutnya ada KA Bandung Raya Ekonomi relasi Kiaracondong - Cicalengka, Cicalengka - Padalarang (PP), Bandung - Cicalengka, Padalarang - Cibatu (PP), Purwakarta - Cicalengka (PP), Padalarang - Bandung (PP), dan Padalarang - Kiaracondong (PP).

Kemudian juga ada KA Siliwangi relasi Cianjur - Sukabumi (PP) dan terakhir KA Cilamaya Cepat Purwakarta relasi Purwakarta - Tanjung Priok (PP).

"Masyarakat bisa mendapatkan tiket kereta api tersebut secara cuma-cuma di loket stasiun keberangkatan secara go-show atau hari H," kata Joni.

Ia menambahkan, setiap calon penumpang dapat membeli maksimal 1 tiket kecuali membawa anak usia di bawah sepuluh tahun dan lansia. Adapun kuota tiket gratis ini sesuai dengan toleransi kapasitas maksimum masing-masing kereta api.

"Untuk penumpang yang telah membeli tiket jauh-jauh hari dengan tarif normal, mereka bisa mengambil bea tiket tersebut di stasiun kedatangan penumpang maksimal tiga hari sejak kedatangan," dia menandaskan.

 

Simak video pilihan berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.