Sukses

Cerita Penyelamatan Emak-Emak yang Terpeleset Masuk Sumur di Bandung

Korban yang terjatuh ke dalam sumur diangkat dengan menggunakan teknik penyelamatan Confined Space serta bantuan tripod dan lain-lain.

Liputan6.com, Bandung Waliyah (43), terperosok ke dalam bekas sumur yang berlokasi di Kampung Rancabentang, Kelurahan Ciumbuleuit, Kecamatan Cidadap, Kota Bandung. Korban yang sempat terjebak di tempat bekas sumur selama 30 menit itu berakhir dengan selamat.

Peristiwa itu bermula ketika salah seorang saksi, melihat Waliyah pada pukul 14.00 WIB sedang berjalan bersama anaknya. Namun, jalan yang dilalui Waliyah tersebut ambles dan ia terporosok ke dalamnya.

"Saksi melihat ke lokasi Ibu Waliyah sudah berada di bawah sumur. Saksi lalu meminta bantuan pada warga sekitar untuk mencoba menangani awal dengan alat seadanya namun tidak berhasil," kata Kepala Bidang Pemadam dan Penyelamatan Dinas Kebakaran dan Penanggulangan Bencana Kota Bandung, Kurnia Saputra saat dikonfirmasi, Selasa, 9 April 2019.

Kemudian saksi meminta bantuan kepada warga bernama Budi untuk melaporkan kejadian ini kepada Diskar PB Melalui Emergency Call 113.

"Kita terima laporan pukul 14.47 WIB. Petugas kita tiba di lokasi pukul 15.02 WIB," ujarnya.

Kurnia menjelaskan, bekas sumur tersebut sudah ditutupi kayu dan seng. Sedangkan, di bagian luarnya telah ditutupi semen.

Namun, saat Waliyah berada tepat di atas plesteran semen tersebut, ia terperosok ke dalam lubang sedalam kurang lebih 20 meter dan diameter 1 meter tersebut.

"Waktu kejadian airnya memang lagi tidak banyak. Oleh petugas kita setelah tiba di lokasi langsung diselamatkan menggunakan peralatan tripod dan webbing," Kurnia menjelaskan.

Menurut Kurnia, korban diangkat menggunankan teknik penyelamatan Confined Space serta bantuan tripod dan lain-lain. "Korban berhasil diselamatkan dalam kondisi masih hidup," katanya.

Penanganan korban pun dinyatakan berakhir pada pukul 15.30 WIB. "Penanganan selanjutnya diserahkan kepada PMI untuk dilakukan penanganan medis," Kurnia menandaskan.

 

Simak video pilihan berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.