Sukses

Hanya Dipasangi Paralon, Jalan Perbatasan Desa Pala di Entikong Ambles

Kepala Desa Pala Pasang, Entikong, Antonius Angeu menduga penyebab amblesnya jalan ini karena pengerjaan asal-asalan oleh kontraktor.

Liputan6.com, Entikong - Jalan perbatasan di Dusun Mangkau Desa Pala Pasang Kecamatan Entikong Kabupaten Sanggau mendadak ambles. Jalan paralel ini menghubungkan Kecamatan Siding, Kabupaten Bengkayang dengan Kecamatan Entikong Kabupaten Sanggau.

"Kejadiannya pagi tadi," kata Kepala Desa Pala Pasang, Entikong, Antonius Angeu, melalui pesan singkatnya kepada Liputan6.com, Selasa (9/4/2019).

Menurut Antonius, penyebab amblesnya jalan ini karena pengerjaan asal-asalan oleh kontraktor. Pasalnya, jalan yang dilewati sungai ini hanya diberikan paralon sebagai jalur aliran sungai.

Padahal, biasanya, dalam pengerjaan jalan yang dilewati sungai, akan dibuatkan jembatan atau penyangga untuk akses aliran sungai serta mencegah abrasi karena air sungai.

"Kejadiannya tidak tiba-tiba, itu air sungai tergenang karena hanya dikasih paralon sebesar kepala. Kayaknya paralon itu tersumbat, jadi air tidak bisa mengalir, sehingga memakan badan jalan," jelasnya.

Sejak amblesnya jalan tersebut, akses warga kedua desa terganggu. Jika sangat terpaksa, warga bisa melewati aliran sungai menggunakan sepeda motor.

"Jadi warga masih bisa lewat, hanya harus pakai motor. Tapi itu kan berbahaya jika sewaktu-waktu debit air tinggi," Antonius menambahkan.

Untuk itu, Antonius mengharapkan jalan tersebut bisa segera diperbaiki. Hal ini untuk menghubungkan kedua desa sehingga akses jalan bisa kembali normal.

 

Simak video pilihan berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.