Sukses

Pria Banyuwangi Ciptakan Lukisan Keluarga Sukarno dari Rambut

Lazimnya orang melukis di kanvas menggunakan cat, tapi pria asal Banyuwangi, Jawa Timur, ini menggunakan potongan rambut sebagai pengganti cat.

Liputan6.com, Banyuwangi - Lazimnya orang melukis di kanvas menggunakan cat, namun pria asal Banyuwangi, Jawa Timur ini punya inovasi lain. Dia menggunakan helaian rambut manusia sebagai pengganti cat untuk melukis.

Ahmad Dimyati atau yang akrab disapa Enang Rambut merupakan salah satu perupa yang berhasil bereksperimen dengan rambut. Seniman kelahiran Juli 1977 asal Desa Rogojampi, Banyuwangi, ini sudah sekitar 5 tahun melukis menggunakan helaian rambut. 

Proses penggantian dari cat ke rambut berawal saat 2014, saat dirinya sedang melukis tanpa sengaja rambutnya menempel di kanvas yang masih basah.

"Itulah yang menjadikan inspirasi sehingga saya akhirnya berpindah menjadi pelukis dengan bahan rambut manusia," tutur seniman berambut panjang itu, Sabtu (6/4/2019).

 

Untuk memenuhi kebutuhan bahan lukisannya, Enang mengumpulkan potongan rambut manusia dari salon dan barbershop yang berada di sekitar rumahnya.  Ada yang Ia dapatkan secara cuma-Cuma, ada pula yang harus didapatkan dengan merogoh kocek.

Tidak mudah bagi Enang untuk bisa menguasai teknik melukis dengan menggunakan rambut manusia sebagai pengganti cat. Belum lagi durasi pengerjaan sebuah lukisan berbahan rambut sudah pasti memakan waktu yang lebih lama ketimbang lukisan berbahan cat.

Meski begitu, di tangan kreatif penganut aliran lukisan realisme ini, lukisan berbahan rambut berhasil dibuat dengan sangat hidup. "Kita gunakan lem khusus agar rambutnya bisa menempel dengan baik," ucapnya.

Lukisan pertama Enang adalah sebuah lukisan dengan gambar seekor kucing. Lukisan pertamanya itu kini dimiliki temannya yang tinggal di Surabaya. Enang berniat memberikan lukisan itu secara cuma-cuma, namun temannya malah memberikan uang Rp 1 juta sebagai ganti lukisan tersebut.

"Sejak itu saya terus melukis dengan bahan rambut hingga sekarang ini," kata ayah satu anak ini.

Kini, telah puluhan lukisan berbahan rambut telah dilahirkan Enang. Salah satu yang paling menarik adalah lukisan keluarga Sukarno yang dipajang di ruangan rumahnya, yang kini difungsikan sebagai sanggar lukis.

Beberapa lukisannya sudah laku terjual hingga ke luar kota dengan harga yang bervariasi, mulai Rp 2 juta hingga Rp 5 juga. Harga ini tergantung ukuran lukisan.

Salah satu lukisan Enang bahkan telah disimpan oleh Presiden Indonesia, Joko Widodo. Lukisan itu diberikan enang kepada Joko Widodo pada saat orang nomor satu di Republik Indonesia itu berkampanye di Banyuwangi beberapa waktu lalu.

"Saya kebetulan memang melukis pak Jokowi. Kebetulan beliau datang ke Banyuwangi," ujar Enang.

 

Saksikan juga video pilihan berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.