Menikmati Pesona Pagi Curug Ngebul di Cianjur yang Terkenal

Oleh Liputan6dotcom pada 08 Apr 2019, 06:06 WIB
Diperbarui 09 Apr 2019, 07:13 WIB
Sensasi Curug Ngebul Cianjur, Surga Tersembunyi di Jawa Barat

Liputan6.com, Cianjur - Curug Ngebul di Desa Bunijaya, Kecamatan Pagelaran, Cianjur, menjadi obyek wisata favorit baru di Jawa Barat baik bagi turis domestik maupun mancanegara. Kebanyakan wisatawan itu mengetahui lokasi wisata air terjun ini dari referensi media sosial. 

Rizki (23), seorang pemandu wisata lokal, mengungkap bahwa kebanyakan wisatawan yang meminta untuk diantar ke lokasi wisata air terjun yang berjarak 72 kilometer ke arah selatan Kabupaten Cianjur itu.

"Untuk wisatawan asing biasanya bersama pemandu dari Cianjur, minta diantar ke Curug Ngebul karena mendapat informasi dari media sosial seperti Instagram atau mencari di Google," katanya dilansir Antara.

Sejak satu tahun terakhir, kata dia, setiap bulannya tercatat 25 orang wisatawan asing datang ke curug tersebut. Sedangkan wisatawan domestik yang berasal dari luar kota dan pulau mencapai ratusan orang setiap bulannya

Sayangnya Animo wisatawan itu tidak berbanding lurus dengan sarana dan prasarana yang ada di Curug Ngebul itu. Minimnya infrastruktur yang layak, membuat jarak tempuh ke sana memakan waktu yang cukup lama karena tidak dapat dilalui kendaraan roda empat.

"Tinggal penataan dan pembangunan jalan yang layak agar jarak tempuh untuk sampai ke lokasi tidak memerlukan waktu yang lama. Saat ini, wisatawan yang membawa roda empat harus memarkir mobil empat kilometer sebelum lokasi dan melanjutkan dengan ojeg," katanya.

Ia menambahkan, pesona air terjun yang memiliki ketinggian 100 meter itu makin terasa dengan adanya beberapa danau di sekitarnya. Sejumlah danau itu adalah Situ Hiang atau Rawa Beber dan Situ Galuga yang berjarak lima kilometer.

"Untuk wisatawan yang datang selalu kami ajak ke dua situ tersebut, sebelum berlama-lama di Curug Ngebul yang memiliki sensasi berbeda dengan tempat wisata alam yang lainnya," kata Rizki.

Parman, pengelola Curug Ngebul yang berada di kawasan Perum Perhutani itu, mengatakan sejak dibuka untuk umum beberapa tahun lalu, curug tersebut banyak didatangi wisatawan lokal maupun manca negara.

"Mereka berlama-lama mandi di kolam berair jernih di bawah curug. Untuk saat ini, Curug Ngebul merupakan destinasi wisata baru di Cianjur," katanya.

Ia menambahkan Curug Ngebul menjadi salah satu favorit jika dilihat dari unggahan di media sosial yang memberi rekomendasi untuk datang ke curug dengan fenomena air yang jatuh dari ketinggian menyebar seperti asap.

Sementara seorang pengunjung asal Jakarta Pusat, Reni Apriani (32), yang datang mengunakan sepeda motor bersama empat orang temannya, merasa puas ketika sampai ke Curug Ngebul yang diketahuinya melalui media sosial Instagram.

Keindahan alam yang tersaji ketika sampai di lokasi diakui jauh lebih indah dari unggahan-unggahan warganet di media sosial.

"Meskipun jalan yang dilalui cukup ekstrem berbatu, namun saat sampai benar-benar puas. Air yang jatuh dari ketigggian menyebar seperti asap di sekeliling lokasi . Pokoknya rugi kalau para traveler belum datang ke Curug Ngebul," katanya.

Saksikan video pilihan berikut ini: