Sengatan Matahari Membakar Semangat Pendukung Jokowi di Cirebon

Oleh Panji Prayitno pada 05 Apr 2019, 22:02 WIB
Diperbarui 06 Apr 2019, 20:15 WIB
Saat Pendukung Jokowi Hadir Kampanye Terbuka Ditengah Panasnya Pantura Cirebon

Liputan6.com, Cirebon - Panas matahari tak menyurutkan semangat pendukung dan relawan capres nomor urut 01 Jokowi - Ma'ruf Amin di lapangan Desa Gebang Mekar Kecamatan Gebang Kabupaten Cirebon, Jumat (5/4/2019).

Satu per satu massa pendukung Jokowi-Ma'ruf Amin baik dari partai pengusung maupun relawan mendatangi acara kampanye terbuka Capres 01 di Pantai Baro Gebang Cirebon.

Pantauan di lokasi, massa pendukung Jokowi memadati jalur pantura sepanjang lokasi kampanye. Tampak petugas kepolisian sibuk mengalihkan arus lalu lintas terutama dari flyover pasar Gebang hingga ke arah Losari.

Ribuan warga berdesakan baik penduduk setempat maupun dari luar Desa Gebang Mekar. Sejumlah warga kelelahan akibat sengatan matahari hingga jatuh pingsan.

"Warga setempat juga sampai tidak sempat melihat pak Jokowi saking padatnya. Tapi kami bangga desa kami dikunjungi pak Jokowi," kata warga setempat, Warsi di kawasan pantai Baro Gebang.

Jokowi hadir di Cirebon bersama Ketua Umum PDIP Megawati dan Puan Maharani. Terpantau Mobil yang ditumpangi Megawati meninggalkan lokasi Kampanye terlebih dahulu usai mengikuti rangkaian acara kampanye terbuka.

Sementara itu, dari pertigaan flyover pasar Gebang Kabupaten Cirebon, terlihat kumpulan kaum milenial Pantura tengah sibuk membantu petugas polisi. Mereka yang tergabung dalam relawan Solid Abdi #01 234 SC Ciayumajakuning itu membagikan kaos dukungan untuk Jokowi kepada warga setempat.

2 of 2

Jutaan Suara

Saat Pendukung Jokowi Hadir Kampanye Terbuka Ditengah Panasnya Pantura Cirebon
Petugas kepolisian menerapkan one way saat kampanye terbuka capres Jokowi di Gebang Kabupaten Cirebon. Foto (Liputan6.com / Panji Prayitno)

Dia menyebutkan, para relawan membagikan ratusan kaos kepada kaum millenial dan emak-emak. Ditengah bagi-bagi kaos, para relawan juga menggelar sosialisasi.

"Sembari bagi kaos kami juga sosialisasi terutama mencegah kampanye hitam, hoax dan ujaran kebencian. Kaos ini semuanya dari anggota dan pengurus mas karena relawan kami diluar struktural tim sukses," kata Ketua 234 Sc Cirebon Hendi Fajar Nugroho.

Dia berharap, gerakan relawan 234 Sc tersebut dapat membantu meningkatkan elektabilitas pasangan capres nomor urut 01. Selain memberikan dukungan, Hendi memastikan akan memberikan 5000 suara untuk pasangan Capres 01.

Suara tersebut dari pengurus dan anggota komunitas 234 SC yang ada di Cirebon, Indramayu, Majalengka dan Kuningan (Ciayumajakuning).

"Secara kinerja Pak Jokowi kami akui bagus dan kami merasakan manfaatnya seperti Bandara, Tol Cipali. Ke depan bangun Tol Cisumdawu hingga Pelabuhan Pattimbang. Selain itu ini juga bentuk loyalitas kami kepada ketua umum kami masa Abi Soerjo Soemarno," kata dia.

Dia mengatakan, baru tahun ini 234 Sc memberikan sikap politik secara terbuka mendukung pasangan capres. Sebelumnya, organisasi yang digandrungi anak muda itu mengaku tak pernah turun langsung dalam gerakan politik.

Ketua Koordinator Relawan 234 Sc Jawa Barat Muhammad Kazi menyebutkan tak hanya dukungan dari pengurus dan anggota saja. Relawan yang sudah terbentuk di Jawa Barat tersebut akan berusaha memberikan 1 juta suara dari hasil sosialisasi mereka ke masyarakat.

"Kami juga akan menyumbang 10 ribu suara untuk memenangkan Jokowi-Ma'ruf Amin. Jumlah dari pengurus dan anggota se Jawa Barat belum dengan keluarga mereka," ujar dia.

Saksikan video pilihan berikut ini:

Lanjutkan Membaca ↓