Sukses

Longsor, Jalan Bandung-Garut Lintas Talegong Terputus

Jalan Provinsi Bandung-Garut di kawasan Talegong tertutup longsoran tanah yang membuat kendaraan tidak bisa melintas.

Liputan6.com, Garut - Jalan Provinsi Bandung-Garut di kawasan Talegong tertutup longsoran tanah. Hal ini membuat kendaraan tidak bisa melintasi jalan tersebut sejak Kamis hingga Jumat siang ini, (5/4/2019). 

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Garut, Dadi Djakaria mengatakan, longsoran tanah dari tebing menutup badan jalan sehingga tidak bisa dilewati kendaraan beroda dua maupun empat.

"Akses jalan provinsi tidak bisa dilalui," katanya, dikutip Antara.

Hujan deras yang lama mengguyur wilayah selatan Garut pada Kamis malam menyebabkan tanah longsor di beberapa titik, yang paling besar di kawasan Curug Citalegong, Desa Sukamulya, Kecamatan Talegong.

"Longsor juga membuat warung hancur tertimpa pohon, perkiraan kerugian Rp30 juta, korban jiwa tidak ada," kata Dadi.

Petugas BPBD Garut bersama masyarakat setempat sudah berupaya untuk menanggulangi dampak tanah longsor tersebut, termasuk membersihkan longsoran tanah dari jalanan supaya jalan bisa segera dilewati kendaraan.

Guna membersihkan longsoran tanah, BPBD Garut berkoordinasi dengan Dinas Bina Marga Provinsi Jawa Barat untuk menurunkan alat berat.

 

Simak juga video pilihan berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.