Ikan-Ikan di Perairan Bulukumba Mati Misterius

Oleh Fauzan pada 04 Apr 2019, 18:00 WIB
Ratusan ikan mati misterius di perairan Bulukumba (Fauzan/Liputan6.com)

Liputan6.com, Bulukumba - Warga pesisir pantai di Kabupaten Bulukumba, Sulawesi Selatan, dihebohkan dengan penemuan bangkai-bangkai ikan yang mati misterius. Bangkai-bangkai ikan itu terseret arus hingga ke bibir pantai.

Peristiwa misterius ini bahkan terjadi di 6 lokasi berbeda, yaitu pesisir Pantai Bira, Pantai Bara, Pantai Timur, Kasuso, Pulau Liukang, dan Pulau Kambing, selama lima hari terakhir. 

Roni, salah seorang warga yang bermukim di sekitar bibir pantai curiga ikan-ikan berbagai jenis itu mati lantaran terkena limbah dari tambak udang yang berada di tengah laut.

"Kami curiga itu diakibatkan buangan limbah dari tambak udang. Karena memang banyak tambak di perairan ini," ucap Roni, Kamis (4/4/2019).

Dugaan itu diperkuat setelah masyarakat setempat memastikan selama lima hari belakangan ini tidak ada kapal tanker yang lewat sehingga kemungkinan penyebab matinya ikan-ikan itu karena limbah kapal menjadi kecil.

"Penyebabnya kemungkinan besar cuma karena tambak itu, soalnya tidak ada kapal besar yang lewat sejak beberapa hari terakhir," ucapnya.

Hingga saat ini peristiwa ikan mati itu masih menjadi misteri. Warga setempat pun belum melihat Dinas terkait turun tangan untuk menyelidiki penyebab matinya berbagai jenis ikan itu.

"Belum ada pemerintah yang turun tangan sejak ikan-ikan ini mati," kata Roni menambahkan.

 

Simak juga video pilihan berikut ini: