Petaka Durian Runtuh di Dusun Sembawur

Oleh Dian Kurniawan pada 03 Apr 2019, 07:00 WIB
Diperbarui 03 Apr 2019, 07:00 WIB
Durian Runtuh
Perbesar
Foto: Dian Kurniawan/ Liputan6.com.

Liputan6.com, Banyuwangi - Sugito (65), warga Kampung Durian, Dusun Sembawur, Kecamatan Songgon, Banyuwangi tewas tertimpa durian runtuh di kebun durian milik Suhairik, keponakannya sendiri.

Peristiwa tersebut terjadi berawal saat Sugito melihat kebun durian miliknya sekitar pukul 09.00 pagi. Kebun durian miliknya berada sekitar 250 meter dari rumah. Setiba di kebun durian, korban mendapati satu durian di kebunnya runtuh. Setelah mengambil durian itu, korban bermaksud pulang ke rumahnya.

Dalam perjalanan pulang, Sugito melewati kebun durian milik keponakannya. Tepat di lokasi kejadian tiba-tiba sebuah durian jatuh. Celakanya, durian tersebut jatuh persis menimpa kepalanya.

"Buah duriannya sebesar kepalan tangan orang dewasa, dengan tinggi pohon kurang lebih 30 meter," kata Kapolsek Songgon, AKP Bakin, Selasa (3/4/2019).

Tak lama setelah kejadian, dua orang warga mengetahui korban terkapar. Korban kemudian dibawa ke Puskesmas terdekat. Lantaran kondisinya kritis dan peralatan Puskesmas tidak memadai, Sugito kemudian dirujuk ke RS Al Huda Genteng.

Meski sudah sempat menjalani perawatan, namun takdir berkata lain. Korban akhirnya menghembuskan napas terakhir sekitar pukul 15.00 WIB.

Bakin menyebut, korban durian runtuh mengalami luka serius di bagian kepala. "Keterangan pihak Medis, korban mengalami gegar otak atau pendarahan di otak," kata mantan Kasubag Humas Polres Banyuwangi ini.

Bakin menambahkan, pihak keluarga menolak dilakukan otopsi pada korban. Keluarga menyadari peristiwa itu sebagai musibah. Sebab korban setiap hari pergi ke kebun untuk melihat atau mengambil buah durian yang jatuh.

"Setelah proses visum dilakukan, jenazah korban kemudian diserahkan pada pihak keluarga untuk dimakamkan," ujarnya.

Sebagai informasi, Kampung Durian yang terletak di Dusun Sembawur, Desa Songgon, Kecamatan Songgon merupakan salah satu destinasi wisata baru di Banyuwangi. Kampung Durian ini baru saja diresmikan Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas pada 17 Maret 2018.

Di Kecamatan Songgon sendiri terdapat 465 hektare lahan yang ditanami durian. Khusus di Kampung Durian, terdapat sekitar 4.000 pohon durian. 

 

Simak juga video pilihan berikut ini: