Server Terserang Virus, Siswa SMAN 4 Medan Harus UNBK Susulan

Oleh Reza Efendi pada 02 Apr 2019, 06:38 WIB
Diperbarui 02 Apr 2019, 06:38 WIB
Server Terserang Virus, UNBK di SMAN 4 Medan Bermasalah

Liputan6.com, Medan - Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) di Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri 4 Medan tidak berjalan dengan sesuai yang direncanakan. Hal ini dikarenakan server mereka terserang virus.

Kepala SMA Negeri 4 Medan, Ramli mengatakan, diketahuinya server mereka terkena virus saat para siswanya sedang mengerjakan soal ujian di komputer. Kondisi itu terjadi ketika sesi pertama baru berjalan.

"Awalnya siswa yang hendak mengerjakan soal di komputer berlangsung normal. Namun, tiba-tiba satu per satu komputer yang digunakan siswa tiba-tiba log out dari sistemnya," kata Ramli, Senin (1/4/2019).

Dia menjelaskan, kondisi itu terjadi pada semua komputer yang digunakan untuk ujian. Satu per satu komputer yang ada di ruangan ujian log out saat para siswa sesi pertama sedang mengerjakan soal ujian.

Menurut Ramli, meski server untuk ujian bermasalah pada sesi pertama, tetapi UNBK di SMA Negeri 4 Medan terus dilanjutkan. Sebagian siswa yang ujian pada sesi kedua dapat mengikuti ujian, meski yang lain menghadapi masalah serupa.

Di SMA Negeri 4 Medan terdapat 535 siswa yang dijadwalkan mengikuti UNBK hari pertama ini. Mereka dibagi dalam 3 sesi. Setiap sesi menggunakan 5 ruangan. Pada sesi pertama, seluruh siswa gagal ujian pada hari pertama. Pada sesi kedua, siswa gagal ujian di tiga ruangan.

"Sementara sesi ketiga, masih berjalan hingga petang," ucapnya.

 

2 dari 2 halaman

Ujian Susulan

UNBK SMK 2019
Sejumlah siswa kelas XII mengerjakan soal Bahasa Indonesia saat mengikuti Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) di SMKN 50 Jakarta, Senin (25/3). Kemendikbud mengatur UNBK tingkat SMK dilaksanakan serentak dalam empat hari mulai 25 sampai 28 Maret 2019. (merdeka.com/Iqbal S. Nugroho)

Untuk mengatasi masalah tersebut, pihak SMA Negeri 4 Medan telah melapor ke Dinas Pendidikan Sumatera Utara (Sumut). Atas gangguan tersebut, tim teknisi sudah datang untuk melakukan perbaikan.

"Server tadi kena virus, dan kami langsung panggil teknisi dari provinsi. Insya Allah, besok (Selasa, 2 April 2019) sudah bisa. Hari ini kita kerja sampai malam," sebutnya.

Ramli mengungkapkan, siswa yang ujiannya tertunda direncanakan mengikuti ujian susulan. Rencananya, ujian susulan tersebut akan digelar pada 15 April 2019. Para siswa juga sudah dipanggil dan diberi pengertian.

"Mereka (siswa) diminta bersabar dan bersiap menghadapi ujian susulan. Karena ini masalah, berbeda dengan Ujian Nasional Kertas Pensil, kalau ada masalah kita bisa fotokopi atau kita cetak. Kalau ini server, ada ahlinya untuk itu," terangnya.

Untuk diketahui, pelaksanaan UNBK di Sumut pada hari pertama ini diikuti sebanyak 146.888 siswa SMA. Dalam jadwal pelaksanaan UNBK TA 2018/2019 mata pelajaran yang diujikan pada Senin 1 April 2019, yaitu Bahasa Indonesia, Selasa 2 April 2019, matematika, Kamis 4 April 2019, Bahasa Inggris dan Senin 8 April 2019, mata pelajaran pilihan.

 

Simak video pilihan berikut ini:

Lanjutkan Membaca ↓