Sukses

Pesawat Super Tucano Mondar-Mandir Pantau Ambalat

pesawat Super Tucano berpatroli di Ambalat untuk memastikan tidak terjadi pelanggaran di wilayah kedaulatan NKRI.

Liputan6.com, Balikpapan - TNI Angkat Udara (AU) menggelar operasi pengamanan Ambalat dengan menerbangkan Pesawat Super Tucano EMB 31 Skuadron Udara 21 Lanud Abdulrachman Saleh, Malang.

"Sebanyak 5 pesawat Super Tucano itu akan terbang atau beroperasi selama 2 jam lebih dalam 2 periode, area patroli di wilayah Ambalat,” kata Komandan Lanud Dhomber Balikpapan, Kolonel (Pnb) Irwan Pramuda, Senin (1/4/2019).

Operasi pengamanan di wilayah perbatasan Indonesia–Malaysia tersebut dipimpin langsung Pangkalan TNI AU di Balikpapan. Pesawat tempur buatan Brazil itu melaksanakan operasi pengamanan selama 4 hari.

Irwan mengatakan, pesawat Super Tucano berpatroli di Ambalat untuk memastikan tidak terjadi pelanggaran di wilayah kedaulatan NKRI.

"Ini rutin dilaksanakan dengan tujuan memastikan tidak adanya pelanggaran wilayah, khususnya perbatasan RI-Malaysia yang ada di provinsi Kalimantan Timur," katanya.

Dia menegaskan, jika ada pesawat asing yang masuk Indonesia khususnya melalui wilayah perbatasan atau terbang di atas Ambalat tanpa izin, akan dilakukan penindakan sesuai prosedur.

Pesawat yang dilengkapi persejataan lengkap itu, selama melakukan operasi pengamanan Ambalat bermarkas di Pangkalan TNI AU Dhomber Balikpapan.

 

Simak juga video pilihan berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.