Gelar UNBK, SMAN 1 Biak Pinjam Komputer ke Orangtua Siswa

Oleh Liputan6.com pada 01 Apr 2019, 12:31 WIB
Diperbarui 01 Apr 2019, 12:31 WIB
UNBK SMK 2019
Perbesar
Siswa kelas XII mengerjakan soal Bahasa Indonesia saat mengikuti Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) di SMKN 50 Jakarta, Senin (25/3). Kemendikbud mengatur UNBK tingkat SMK dilaksanakan serentak dalam empat hari mulai 25 sampai 28 Maret 2019. (merdeka.com/Iqbal S. Nugroho)

Liputan6.com, Biak - Demi menunjang kelancaran penyelenggaraan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK), pihak Sekolah Menengah Atas Negeri 1, Kabupaten Biak Numfor, Papua, meminjam 100 unit komputer kepada orangtua siswa. Tercatat ada 368 siswa peserta dari sekolah tersebut di hari pertama UNBK, Senin (1/4/2019).

"Ada tiga sesi pelaksanaan UNBK di SMA negeri 1 Biak. Setiap sesi, siswa mendapatkan satu fasilitas komputer," kata Kepala Sekolah SMA Negeri 1 Biak, Ruben Paknik, seperti dikutip Antara.

Ia mengakui untuk menunjang kelancaran UNBK di SMA 1 Biak pihak sekolah juga telah menyiagakan satu mesin genset, tujuh operator dan dua tenaga teknisi.

Ruben berharap siswa peserta UNBK dari SMA Negeri 1 dapat menjaga kesehatan dan memperhatikan jadwal kegiatan secara Nasional.

"Saya minta orang tua untuk membina anaknya selama UNBK berlangsun. Ini perlu dilakukan agar siswa bisa konsentrasi menghadapi ujian," kata Ruben.

Menyinggung target kelulusan siswa UNBK, menurut Ruben, untuk persentase kelulusan diharapkan 100 persen sama seperti hasil ujian Nasional tahun 2018.

"Siswa peserta UNBK dari SMA Negeri 1 Biak sudah diberikan bekal les belajar tambahan di sekolah serta mengikuti simulasi sehingga bisa berhasil dengan baik," katanya.

Sementara itu, Kepala bidang Pendidikan dan Pengajaran Dinas Pendidikan Biak Japosman Situmorang saat melakukan pengawasan di SMA Negeri 1 Biak mengatakan UNBK di Kabupaten Biak Numfor diikuti 1.811 siswa yang tersebar di 19 sekolah.

"Hari pertama kegiatan UNBK di Biak berlangsung lancar sesuai dengan jadwal secara Nasional 1 April 2019," kata Japosman didampingi Kabid Sarana Prasarana Disdik Simon Rumpaisum MAP.

Data Dinas Pendidikan Biak dari 19 sekolah penyelenggara Ujian Nasional, 10 diantaranya telah melaksanakan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK).

 

Simak juga video pilihan berikut ini: