Presiden Jokowi dan Istri Mengunjungi Korban Banjir Sentani Besok

Oleh Liputan6.com pada 31 Mar 2019, 20:00 WIB
Diperbarui 31 Mar 2019, 20:00 WIB
Banjir Bandang di Sentani
Perbesar
Banjir bandang di Sentani. (Liputan6.com/Katharina Janur)

Liputan6.com, Jayapura - Presiden Jokowi, Senin (1/4/2019) dijadwalkan mengunjungi para korban banjir yang saat ini masih mengungsi di sekitar kawasan Sentani, Kabupaten Jayapura.

Presiden didampingi ibu negara Iriana Widodo, setibanya di bandara Sentani akan menerima paparan tentang bencana banjir bandang yang melanda Kabupaten Jayapura, Sabtu (16/3/2019) hingga menewaskan 105 orang dan 74 orang dilaporkan hilang.

"Setelah mendapat laporan, Presiden Jokowi dan rombongan langsung mengunjungi para pegungsi yang ada di GOR Towere," kata Danrem 172/PVJ Jayapura Kol Inf Binsar Sianipar kepada Antara di Jayapura, Minggu (31/3/2019).

Seusai mengunjungi para pengungsi, Presiden dan rombongan langsung ke Jayapura untuk melakukan pertemuan terpisah yang diawali dengan pertemuan dengan gubernur dan bupati serta walikota se-Papua.

GOR Toware yang menjadi tempat pengungsian korban banjir bandang kini dihuni sekitar 500 pengungsi yang sebelumnya mengungsi ke perkantoran Pemda Jayapura di Gunung Merah.

GOR Toware merupakan salah satu dari empat lokasi pengungsian yang menjadi posko utama yaitu lapangan Bas Youwe, puspemka dan di jembatan kuning yang lebih banyak menampung korban dari meluapnya air dana Sentani.

Selain keempat posko pengungsian memang ada beberapa lokasi yang menjadi tempat korban mengungsi seperti di Stakin dan Advent Doyo.

Banjir bandang yang menerjang berbagai kawasan di Kabupaten Jayapura juga menyebabkan air dana Sentani meluap hingga menggenangi ratusan rumah warga yang ada di sekitar danau.

Saksikan video pilihan berikut ini: