Sukses

Waspada Aksi Penipu Mengaku Pejabat Pemkot Surabaya

Pemerintah Kota Surabaya mengimbau kepada masyarakat agar berhati-hati dan mewaspadai maraknya penipuan yang mengatasnamakan pejabat pemkot setempat.

Liputan6.com, Surabaya - Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya mengimbau kepada masyarakat agar berhati-hati dan mewaspadai maraknya penipuan baik melalui sms, whatsapp maupun media sosial yang mengatasnamakan pejabat pemkot setempat.

"Kami mengimbau kepada masyarakat untuk berhati-hati dan jangan langsung percaya dengan telepon, sms, whatsapp atau lainnya yang mengatasnamakan pejabat Pemkot Surabaya," kata Kabag Humas Pemkot Surabaya, M. Fikser di Surabaya, Rabu (27/3/2019), dilansir Antara.

Salah satunya modus penipuan yang terjadi dengan mengatasnamakan Sekretaris Daerah Kota Surabaya, Hendro Gunawan. Oknum tersebut diketahui menggunakan nomor telepon 081217245946.

Ia juga mengimbau kepada seluruh pejabat di lingkungan Pemkot Surabaya, Badan Usaha Milik Daerah (BUMD), maupun pihak swasta untuk lebih berhati-hati dan mewaspadai segala bentuk penipuan oleh pihak yang tidak bertanggung jawab.

"Apabila ada sms, telpeon, whatsapp dari nomer 081217245946 atau lainnya yang mengatasnamakan Sekretaris Daerah Surabaya, maka jangan langsung percaya, karena hal itu tidak benar dan lebih baik diabaikan," ujarnya.

Fikser menambahkan apabila masyarakat mengetahui kejadian perbuatan melawan hukum tersebut, agar segera melaporkan ke pihak berwajib. Pemkot Surabaya tidak bertanggung jawab atas segala bentuk kerugian yang ditimbulkan sebagai akibat dari penipuan tersebut.

"Hati-hati jika ada telepon yang meminta atau ada maksud tertentu mengatasnamakan pejabat pemkot, apapun alasannya karena hal itu tidak benar. Itu penipuan," katanya.

Saksikan video pilihan berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.