Sukses

4 Lokasi Aman Menikmati Gunung Bromo yang Sedang Erupsi

Pengelola taman nasional memberikan empat rekomendasi lokasi dalam zona aman untuk menikmati keindahan Gunung Bromo kala erupsi.

Liputan6.com, Malang - Erupsi Gunung Bromo tak menyurutkan minat wisatawan untuk terus berdatangan. Bahkan, ada wisman asal Jerman yang nekat mendekati zona bahaya radius 1 kilometer dari kawah aktif meski sudah dilarang petugas.

Balai Besar Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (BB TNBTS) sendiri tidak menutup kegiatan pariwisata di Gunung Bromo saat gunung itu erupsi. Sebab, masih ada beberapa lokasi aman yang bisa disinggahi para pelancong untuk menikmati keindahan Gunung Bromo kala erupsi.

Setidaknya ada empat lokasi aman yang direkomendasikan BB TNBTS kepada para wisatawan, antara lain Laut Pasir, Bukit Penanjakan, Bukit Kedaluh, Bukit Cinta serta padang sabana atau Telletubies. Seluruh lokasi itu berada dalam radius sangat aman.

"Pengunjung tetap bisa menikmati Bromo di lokasi itu karena sangat aman," kata Kepala Humas BB TNBTS, Syarif Hidayat di Malang, Rabu (27/3/2019).

Lokasi itu juga tak kalah ciamik untuk menikmati matahari terbit, mau pun memantau asap kawah Bromo dari jarak jauh. Pengelola taman nasional itu pun meminta para wisatawan memahami kondisi Gunung Bromo yang sedang erupsi.

"Wisatawan tetap bisa datang, tapi harus menyadari situasi peningkatan aktivitas vulkanik Bromo seperti sekarang ini," ujar Syarif.

BB TNBTS sendiri tetap mengutamakan pendekatan persuasif pada tiap pengunjung. Meski demikian, untuk pengamanan bakal ditingkatkan, berkoordinasi dengan TNI, kepolisian, pelaku jasa pariwisata sampai pemerintah desa setempat.

"Media informasi seperti spanduk atau baliho juga kami maksimalkan. Agar pengunjung mengutamakan keselamatan nyawa mereka," tutur Syarif.

BB TNBS sendiri menyesalkan kejadian saat seorang wisman memaksa masuk ke kawah Bromo. Meski sebenarnya sudah diperingatkan oleh petugas, pria berpaspor Jerman itu tetap memaksa dan sampai mendorong petugas.

Pusat Vulkanologi Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) Pos Pengamatan Gunung Api Bromo di Ngadisari, menetapkan status Gunung Bromo waspada level II. Wisatawan atau pun masyarakat direkomendasikan tidak memasuki radius 1 kilometer dari kawah aktif.

 

Simak juga video pilihan berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.