Detik-Detik Sopir dan Penumpang Lompat dari Mobil yang Hanyut Diterjang Banjir

Oleh Dian Kurniawan pada 23 Mar 2019, 21:02 WIB
Diperbarui 23 Mar 2019, 21:02 WIB
Aksi Nekat dilakukan sopir penumpang L 300, Menerobosnya Sungai yang tengah banjir di Dusun Sumber Lanas Timur
Perbesar
Aksi Nekat dilakukan sopir penumpang L 300, Menerobosnya Sungai yang tengah banjir di Dusun Sumber Lanas Timur (Liputan6.com/Dian Kurniawan)

Liputan6.com, Jember - Aksi Nekat dilakukan sopir minibus saat menerobos banjir di Dusun Sumber Lanas Timur RT 01 RW 29 Desa Harjo Molyo Kecamatan Silo Kabupaten Jember Jawa Timur, Jumat malam (22/3/2019), sekitar pukul 19.00 WIB.

Dalam mobil tersebut, ada sopir dan 3 orang penumpang yang hendak menuju Dusun Baban Barat Desa Molyo Rejo Kecamatan Silo.

Minibus yang dikemudikan oleh Triwahyono (35) melaju dari arah Utara jalan Dusun Sumber Lanas Timur atau sepulang dari mengantar kelapa muda di Jember. Tanpa disadari dan karena waktu sudah malam, mobil itu terus melaju melewati jembatan yang tertutup banjir luapan sungai di lokasi.

"Jalan ini satu-satunya akses, jalan potong warga Dusun Baban Barat, menuju Kecamatan Silo dan sekitarnya," kata kepala Dusun Sumber Lanas Timur, Muhamad Hasan, Sabtu (23/3/2019).

Dia bercerita, sang sopir nekat menerobos sungai yang debit airnya mulai naik ditambah hujan deras. Saat ternyata tiba di tengah sungai, mendadak debit air membludak dan menghanyutkan mobil.

Dan saat itu juga 3 penumpang berusaha keluar mobil dengan memecahkan kaca samping. Peristiwa mobil terseret banjir ini membuat heboh warga sekitar. Terlebih terdengar suara teriakan minta tolong. 

"Ketiga penumpang, akhirnya berhasil melompat setelah sempat terseret sejauh 100 meter," tutur Hasan.

Sedangkan si sopir masih belum bisa keluar, karena bagian depan mobil tenggelam. Sopir juga tidak bisa membuka pintu dan mobil terus meluncur di aliran sungai Sumber Lanas ini.

Setelah terseret sekitar 150 meter, gantian bagian depan mobil yang mengambang dan bagian belakang tenggelam karena kemasukan air. Kesempatan ini digunakan sopir, untuk melompat, sehingga selamat.

Sedangkan minibus L 300 terus terseret, dan baru berhenti sekitar 400 meter dari lokasi awal, setelah tersangkut batu di pinggir sungai.

Puluhan warga pun berdatangan, memberikan pertolongan terhadap korban. Berkat kekompakan warga minibus itu berhasil dievakuasi warga dengan menggunakan tali tampar.

"Sekitar pukul 23.00 WIB, mobil berhasil dievakuasi dari lokasi banjir. Semua penumpangnya selamat, hanya lecet-lecet saja," ujar Hasan.

Saksikan video pilihan berikut ini: