Sukses

Muat Cerpen Berkonten LGBT, Lembaga Pers Kampus USU Terancam Beredel

Penayangan cerpen yang berisi konten penolakan terhadap diskriminasi LGBT oleh situs Suara USU berbuntut serius.

Medan - Penayangan cerpen yang berisi konten penolakan terhadap diskriminasi Lesbian Gay Biseksual dan Transgender (LGBT) oleh situs Suara USU, lembaga pers kampus Universitas Sumatera Utara, berbuntut serius. Lembaga pers kampus itu bahkan terancam dibubarkan.

Yael Stefani, si penulis cerpen yang juga menjabat Pimpinan Umum Suara USU, seperti dikutip laman Jawapos, Kamis (21/3/2019) mengatakan, kegaduhan mulai terasa saat cerpen disebarkan ke media sosial.

“Nggak lebih sehari (diunggah) ribut. Suara USU dianggap pro LGBT karena di ilustrasi cerpen ada lambang pelangi. Jadi langsung di-judge," ungkap Yael.

Setelah memancing reaksi publik, laman suarausu.co terpaksa disuspensi. Sehingga tidak bisa diakses kembali.Sebelum disuspensi, pihak rektorat juga memanggil pengurus Suara USU. Dalam pertemuan itu, rektorat meminta agar tulisan dicabut. Sebab tulisan itu diniai vulgar dan menuai polemik.

Yael agaknya tersinggung. Sebab pihak kampus seakan menganggap jika mahasiswanya belum pantas menulis hal seperti itu.

"Jadi dia bilang ini harus dihapus karena sudah tersebar luas. Bahkan orang rektorat, rektor, wakil rektor I sudah tau. Tapi kami nggak mau, kami cuma mengarsipkan dari medsos. Tapi website nggak (kami) tarik," ujarnya.

Mereka tidak menyangka jika pertemuan itu berujung pada laman mereka yang disuspensi. Yael juga mengungkapkan, dalam pertemuan itu legalitas Suara USU sebagai wadah pers kampus akan dicabut. Suara USU akan dibubarkan.

Yael melanjutkan, cerpen itu sebenarnya bertujuan untuk mengampanyekan penolakan diskriminasi pada LGBT. Sebab menurutnya, diskriminasi terhadap LGBT di Indonesia masih kerap terjadi.

Semenjak suspensi laman Suara USU, mereka belum pernah dipanggil kembali untuk melakukan pembahasan. Mereka masih berupaya mengembalikan laman itu.

"Sementara posting di medsos," kata Yael.

Dikonfirmasi terpisah melalui sambungan telepon, Rektor USU Runtung Sitepu mengaku sudah mendengar ihwal tulisan itu. Dia menganggap, cerpen yang diunggah ke laman Suara USU bertentangan dengan visi misi USU. Runtung belum bertemu dengan para pengurus Suara USU karena dirinya masih berada di Jakarta.

"Rencananya Senin saya akan mengundang semua pengurus, penanggung jawab, dan termasuk pembina Suara USU, kenapa dibiarkan yang seperti ini? Ini sudah merusak citra USU," tegas Runtung.

Tampaknya Runtung tak main-main. Dia bahkan mengatakan akan membubarkan Suara USU sebagai Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM).

"UKM Suara USU akan dihapuskan kalau sudah begitu. Itu belum diterbitkan karena (saya) masih di Jakarta," tambahnya.

Dia juga agak geram dengan Suara USU. Dia inggin citra USU tetap baik di mata publik. 

"Ya iya (dibubarkan), dan ini bukan sekali. Tapi bukan ke arah ini (LGBT). Beritanya yang tidak sesuai dengan kenyataan. Pada masa lima tahun lalu sudah kami alami. Jadi kalau tidak ada sejalan dengan program rektor, tidak perlu dipertahankan. Kalau mau dia buat di luar lah. Buat medianya sendiri," tandasnya.

Baca juga berita Jawapos.com lainnya di sini.

 

Simak juga video pilihan berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.