Sukses

Titik Kebakaran Hutan Bertambah, Kabut Asap Selimuti Kota Dumai

Kabut asap akibat kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) kembali menyelimuti Kota Dumai, Riau.

Liputan6.com, Pekanbaru- Kabut asap akibat kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) kembali menyelimuti Kota Dumai, Riau. Selain adanya titik api di daerah pelabuhan itu, kabut asap ini juga merupakan kiriman dari Bengkalis yang banyak titik api.

Menurut Kepala Seksi Data dan Informasi Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Pekanbaru, Marzuki, jarak pandang di Kota Dumai pada Rabu pagi (20/3/2019) hanya dua kilometer.

"Sementara daerah lainnya, seperti Pekanbaru dan Indragiri Hulu yang terpapar kabut asap, jarak pandangnya lima hingga enam kilometer," kata Marzuki kepada Liputan6.com.

Dia menjelaskan, kepekatan asap di Kota Dumai juga dipengaruhi adanya uap air pada pagi hari. Seiring dengan naiknya matahari, kabut asap bakal terurai dan menjadi tipis.

"Biasanya kalau sudah siang jarak pandang mulai membaik hingga 5 kilometer," sebut Marzuki di kantornya.

Beberapa pihak menyebut kabut asap di Kota Dumai juga merupakan kiriman dari negara tetangga seperti Malaysia. Memang dalam beberapa hari terakhir di sejumlah wilayah Malaysia ada kabut asap yang belum bisa dipastikan akibat kebakaran lahan.

Terkait ini, Marzuki belum bisa memastikan karena BMKG disebutnya tidak pernah memantau titik panas dan titik api di sana. Hanya saja kalau melihat pergerakan angin, Marzuki menyebut memang ada mengarah ke perbatasan Sumatera, termasuk Dumai dan Bengkalis.

"Bisa saja dari Malaysia tapi tidak pasti, namun arah angin bergerak dari arah timur laut dan masuk ke perbatasan Sumatera," tegas Marzuki.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Asap Bergerak ke Provinsi Tetangga

Selain itu, kabut asap di Riau juga mengancam provinsi tetangga seperti Sumatera Utara dan Jambi. Pasalnya tiupan angin dari timur laut dan utara membawa asap ke arah selatan dan utara.

"Kemarin ada terpantau di perbatasan utara, kemudian ke selatan seperti Provinsi Jambi," kata Marzuki.

Dalam beberapa hari terakhir, titik panas sebagai indikasi Karhutla di Provinsi Riau terjadi lonjakan. Jika biasanya hanya terdeteksi puluhan, namun dalam dua hari terakhir angkanya mencapai ratusan.

Pada Selasa pagi, 19 Maret 2019, Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Pekanbaru menyatakan ada 156 titik panas. Kemudian pada Rabu (20/3/2019) meningkat menjadi 165 titik panas.

Menurut Marzuki, melonjaknya titik panas karena potensi hujan dalam beberapa hari terakhir sangat minim. Ditambah lagi cuaca terik yang membuat lahan mudah terbakar.

Marzuki menjelaskan, curah hujan minim karena adanya badai tropis Savana serta Veronica di sekitar tenggara Sumatera. Ditambah lagi badai tropis di perairan Australia yang berpengaruh terhadap cuaca di Sumatera.

"Badai ini membuat pertumbuhan awan berpotensi hujan sangat sulit," kata Marzuki.

Badai itu membuat masa udara terpecah sehingga awan yang mulai terbentuk terurai lagi. Ditambah lagi dengan udara yang membentuk awan tertarik oleh badai ke daerah gangguan.

"Gangguan ini istilahnya divergent, awan berpotensi hujan sulit terbentuk," terang Marzuki.

3 dari 3 halaman

Lonjakan Titik Api

Kondisi ini, tambah Marzuki, tak berlangsung lama. Dalam beberapa hari ke depan ada potensi hujan meskipun bersifat lokal dengan intensitas ringan.

Sebelumnya, BMKG Pekanbaru mendeteksi 187 titik panas indikasi Karhutla di Pulau Sumatera. Paling banyak di Riau dengan 165 titik, kemudian di Aceh 1 titik, Sumatera Utara 3 titik, Sumatera Barat 9 dan Kepulauan Riau 8 titik.

165 titik panas di Riau itu tersebar di Kabupaten Rokan Hilir 17 titik, Pekanbaru satu, Rokan Hulu dua, Siak 11, Kota Dumai 16, Bengkalis 39, Kampar 2, Pelalawan 37, Indragiri Hulu 6, Indragiri Hilir 3 dan Kepulauan Meranti 31 titik.

Dari keseluruhan titik panas itu, yang terindikasi titik api atau telah terjadi kebakaran sebanyak 107 titik dengan level kepercayaan di atas 70 persen lebih. Paling banyak terdapat di Bengkalis 27 titik, berikutnya Kepulauan Meranti 20 dan Pelalawan 19 titik.

Selanjutnya Kota Dumai 13 titik, Rokan Hilir 11, Kabupaten Siak 7, Indragiri Hulu 5, Pekanbaru 1 dan Indragiri Hilir 2 titik. Titik api tidak terpantau di Kampar dan Kuantan Singingi.

 

Simak juga video pilihan berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.