Sebaran Banjir Berdasar BPBD Bantul

pada 18 Mar 2019, 08:00 WIB
Dramatis, Perjuangan Anak 2 Tahun Bertahan dari Derasnya Sungai

Bantul - Hujan deras sepanjang hari yang terjadi Minggu (17/3/2019) menimbulkan dampak luapan sungai di kawasan Bantul dan akhirny banjir. Tercatat hingga Minggu (17/3/2019) malam hingga pukul 22.00 WIB, sembilan kecamatan di Bantul terdampak banjir akibat luapan sungai.

KRjogja.com melansir data yang dirilis BPBD DIY menyebut, ada sembilan Kecamatan di Bantul yang mengalami banjir yakni Pandak, Kasihan, Pundong, Bantul, Jetis, Sewon, Pleret, Kretek dan Imogiri.

Kepala Pelaksana BPBD DIY Biwara Yuswantana mengungkap saat ini tim dari berbagai unsur tengah berada di lokasi-lokasi banjir untuk mengevakuasi dan assasment pada warga masyarakat.

"Data sementara 9 kecamatan di Bantul terdampak banjir termasuk yang terbaru baru masuk datanya di Pandak, Kasihan, Pundong, Bantul dan Jetis. Semua unsur sedang berada di lokasi untuk melakukan evakuasi dan assasment," kata Biwara kepada KRjogja.com.

Hingga pukul 23.00 WIB hujan terpantau masih terjadi di sebagian besar wilayah DIY. Masyarakat diminta waspada kemungkinan terjadi banjir bandang, khususnya yang berada di kawasan bantaran sungai.

Ikuti berita menarik lainnya dari krjogja.com.

Simak video pilihan berikut:

 

2 of 2

Sebaran dan Dampaknya

Banjir
Ilustrasi Foto Banjir (iStockphoto)​

Berikut daerah terdampak banjir di Bantul berdasar data BPBD DIY :

1. Turi, Sumberagung, Jetis, Bantul - sungai bulus meluap ke perkampungan.

2. Ngranan, Cimpon, Tirtosari, Kretek, Bantul - tanaman bawang merah terbenam

3. Sogatran rt 07, Ringinharjo, Bantul, Bantul - warga di tepi sungai dievakuasi.

4. Karangasem, Wukirsari, Imogiri, Bantul - warga mengevakuasi diri karena khawatir terjadi longsor

5. Sareyan, Karangtalun, Imogiri, Bantul - sungai celeng di bagian timur pasar imogiri lawas banjir dengan kedalaman air hingga se-dada orang dewasa. Warga membutuhkan perahu.

6. Polsek Imogiri Jl. Makam Suci, Tilamat, Wukirsari, Imogiri, Bantul - Banjir hingga kedalaman genangan 50 cm merendam kantor Mapolsek Imogiri.

7. Jembatan pentung, Pentung, Seloharjo, Pundong, Bantul - banjir menyebabkan jalan ambles.

8. Bulus, Sumberagung, Jetis, Bantul - besarnya banjir menyebabkan warga harus mengungsi di masjid setempat yang lebih tinggi dari rumah warga.

9. Sompok, Sriharjo, Imogiri, Bantul - akses jembatan putus.

10. Petung, Palbapang, Bantul, Bantul - jembatan hampir putus.

11. Nogosari, Selopamioro, Imogiri, Bantul - air masuk ke kampung setinggi 40 cm.

12. Perempatan Dusun Pentung, Desa Selohar, Kecamatan, Pundong, Bantul - air meluap ke jalan.

13. Srumbung Rt 8, Segoroyoso, Pelret, Bantul - jalan sekitar kali pesing menjadi sungai akibat luapan sungai pesing hingga air masuk rumah.

14. Kampus ISI Jl. Parangtritis No.KM 6,5, Glondong, Panggungharjo, Sewon, Bantul - air menggenang hingga 50 cm dan sampai dusun Prancak Dukuh.

15. Utara Perempatan Bibis Bangunjiwa, Kasihan, Bantul - tanggul sungai jebol.

16. Akses jalan dari Segoroyoso ke Wukirsari via Srumbung dan sebaliknya tidak bisa dilewati karena genangan air cukup dalam. Ada 6 Personil dari SAR DISTRIK BANTUL yang disiagakan di lokaso dan memberi informasi pengalihan jalan melalui dusun Tongaru.

17. Panjang rejo, Pundong, Bantul air sudah masuk beberapa rumah warga

18. Sisi selatan jembatan mojo, donotirto, kretek, Bantul tanggul yang ambrol dan sisi barat bertambah ambrol 1 meteran

19. Masjid almuqorrobin, Kradenan, Girirejo, Imogiri, Bantul warga mengungsi di lantai 2 masjid dan masih banyak warga sekitar yang belum dievakuasi

20 Baledesa Tirtosari, Mulekan II, Tirtosari, Kretek, Bantul terendam air sekitar 10-50cm

21. Dermojurang, Seloharjo, Pundong, Bantul terjadi longsor dan banjir menimpa permukiman warga. BPBD, Satpol Airud Polda DIY + tim rescue tdk bisa menjangkau, air mencapai 1,5 meter Jl. Imogiri Timur mulai dari perempatan Jejeran-Imogiri banjir menggenangi infrastruktur jalan

22. Rumah Dinas Bupati Bantul, Trirenggo, Bantul terendam air

23. Turi, Sidomulyo, Bambanglipuro, Bantul.

Lanjutkan Membaca ↓