Siti Aisyah Pulang Kampung, Bawa Pesan dari Jokowi untuk Keluarga

Oleh Yandhi Deslatama pada 14 Mar 2019, 01:00 WIB
Siti Aisyah, TKW asal Banten yang lolos jerat kasus pembunuhan Kim Jong-nam

Liputan6.com, Serang - Siti Aisyah, TKW asal Banten yang lolos dari jerat kasus pembunuhan Kim Jong-nam telah bebas dan memilih pulang ke kampung halamannya.

Dia pulang ke rumah orang tuanya di Kampung Rancasari, Desa Sindangsari, Kabupaten Serang, Banten, Rabu (13/3/2019). Awak media pun sudah lama menunggu kedatangan Siti.

Kedatangan Aisyah disambut dengan selawatan dan saweran, sebagai ungkapan rasa syukur. Aisyah pun langsung berpelukan dan menyapa keluarga, kerabat dan tetangga yang hadir.

Sebelum masuk ke rumah, Siti mengucapkan terima kasih kepada Presiden Jokowi. Ia mengaku kepulangannya tak lain atas pendampingan dari Presiden Jokowi dan utusannya.

"Saya sangat terima kasih ke pemerintah Indonesia, Bu Retno (Menlu), Kedubes Indonesia yang selalu mendampingi saya sampai kembali ke tanah air," kata Siti Aisyah ditemui di rumah orang tuanya.

Siti mengaku senang bisa kembali bertemu kedua orangtuanya dan teman di tanah kelahirannya. "Saya enggak tahu mau ngomong apalagi, saya bahagia banget," terangnya.

Rekaman Video Pendeta Ditikam saat Misa
2 of 2

Pesan Jokowi

Suasana Rumah Siti Aisyah
Suasana Rumah Siti Aisyah (Liputan6.com/Yandhi Deslatama)

Siti terlihat lebih segar. Dia mengungkapkan, banyak pesan yang disampaikan Presiden Jokowi, untuk dirinya dan keluarga, saat bertemu di Istana Negara.

"Beliau (Jokowi) menitipkan pesan dan nasehat saja. Supaya lebih baik lagi, enggak mudah cepat percaya sama orang," jelasnya.

Siti Aisyah, WNI terdakwa kasus pembunuhan Kim Jong-nam --kakak tiri pemimpin Korea Utara Kim Jong-un-- pada Senin 11 Maret 2019 dinyatakan bebas oleh pengadilan Malaysia.

Atas permintaan jaksa, tuntutan terhadap perempuan berusia 27 tahun itu resmi dihentikan oleh pengadilan Negeri Jiran.

Wanita kelahiran Serang, Banten itu tiba di Tanah Air pada Senin sore dengan pendampingan dari Menteri Kementerian Hukum dan HAM, Yasonna Laoly, dan sejumlah perwakilan dari Kuala Lumpur.

Dia mendarat di Bandara Halim Perdana Kusuma sekitar pukul 17.00 WIB. Aisyah lalu dibawa ke Kementerian Luar Negeri RI untuk diserahkan langsung ke keluarga. Acara serah terima ini dilakukan oleh Menteri Luar Negeri RI, Retno Marsudi.

"Menkumham, beberapa perwakilan dari KL (Kuala Lumpur) dan juga saya sendiri, telah menyerahkan secara resmi saudara Siti Aisyah kepada keluarga," kata Retno dalam prosesi pemulangan dan serah terima Siti Aisyah kepada keluarga di Kemlu RI, Senin 11 Maret 2019.

Saksikan video pilihan berikut ini:

Lanjutkan Membaca ↓