Sim Salabim, Pohon Mati Taman Kota Gorontalo Jadi Keren

Oleh Arfandi Ibrahim pada 13 Mar 2019, 05:00 WIB
Diperbarui 13 Mar 2019, 21:13 WIB
Pohon tua yang disulap jadi karya seni indah (Arfandi Ibrahim/Liputan6.com)

Liputan6.com, Gorontalo - Siapa sangka jika pohon tua yang sudah mati bisa menjadi benda yang bisa menghiasi dan memperindah sebuah kota. Seperti halnya yang dilakukan oleh pria Gorontalo yang satu ini, ia mengubah pohon tua besar yang tumbuh di tengah kota menjadi patung budaya adat Gorontalo.

Namanya Pipin Idris, pria yang lebih akrab disapa Pipin Art ini dengan kreatif mengubah pohon tua yang sudah mati menjadi karya yang sangat indah tanpa harus mencabut pohon tersebut dari akarnya. Pipin mengaku dirinya telah lama memendam niat untuk memahat pohon tersebut menajadi sebuah karya seni rupa khas Gorontalo. 

"Memang sudah dari sejak tahun 2015 pohon ini rencananya akan saya buat karya seni yakni patung yang melambangan adat musik dan hewan yang ada di Gorontalo dan alhamdulillah saat ini karya tersebut sudah tahapan finishing," kata Pipin, Senin, 11 Maret 2019.

Selain karena betuk dedikasinya terhadap karya seni rupa, Pipin mengaku memahat pohon tua itu untuk mempercantik kota kesayangannya, Kota Gorontalo. Ia juga menyebutkan jika sangat sayang rasanya kalau pohon tersebut ditebang begitu saja.

"Nah dengan sedikit keahlian yang saya miliki, pohon ini saya rubah menjadi patung hiasan yang menghiasai tengah Kota Gorontalo," ucapnya.

Pipin pun semakin bersemangat untuk memahat kayu tersebut setelh ia memastikan tekstur kayu tua itu cukup kuat untuk dipahat menajdi sebuah karya seni rupa. "Karena sudah hidup puluhan tahun, jadi kayu tersebut masih kuat dan bisa dijadikan karya seni yang kemungkinan cukup tahan lama," jelasnya.

Karena teksturnya yang keras, Pipin pun mengaku lebih banyak menggunakan gergaji mesin ketimbang pahat kayu, karena jika menggunakan pahat ukur manual tentunya akan membutuhkan waktu yang lebih lama memahat pohon tua tersebut.

"Saya mengerjakan patung ini dengan sukarela dan berharap dapat membuat karya yang juga ramah lingkungan serta bisa membuat ruang terbuka hijau seperti taman kota ini menjadi lebih menarik," dia memnungkasi.

Saksikan video pilihan menarik berikut: