Sukses

Heboh Orang Gangguan Jiwa di Madiun Bawa Sekarung Uang Jutaan Rupiah

Seorang pria penderita gangguan jiwa berat ditemukan membawa karung berisi uang logam jutaan rupiah.

Madiun - Seorang pria penderita gangguan jiwa berat ditemukan membawa karung berisi uang logam jutaan rupiah. Dia ditemukan terlantar di Taman Makam Pahlawan Kota Madiun.

Ketua Madiun Care atau komunitas yang fokus menangani orang dengan gangguan jiwa, Bima Primaga Yudha seperti dikutip Solopos mengatakan, pria yang belum diketahui identitasnya itu ditemukan di TMP Kota Madiun, Jumat (8/3/2019) sekitar pukul 22.00 WIB. Saat itu, ia mendapatkan informasi terkait keberadaan pria tersebut.

Atas informasi itu, Bima kemudian berkoordinasi dengan Satpol PP setempat untuk mengecek keberadaan pria itu. Ternyata benar. Petugas kemudian mengangkut pria yang kira-kira berusia 50 tahun itu ke rumah singgah milik Dinas Sosial Kota Madiun.

"Saat membawanya itu, kami membongkar barang bawaan pria itu. Siapa tahu ada benda-benda berbahaya seperti senjata tajam dan narkoba," ujarnya, Senin (11/3/2019).

Dia menaruh curiga pada karung-karung lusuh yang dibawa pria itu karena cukup berat. Setelah dibuka, ternyata karung lusuh tersebut berisi uang logam pecahan Rp500 dan Rp200. Setelah dihitung oleh sukarelawan jumlahnya cukup fantastis, Rp2 juta lebih.

"Ada uang kertasnya tapi sedikit. Yang banyak uang logam pecahan Rp200 dan Rp500. Jumlahnya Rp2 juta lebih," katanya

Mendapati isi karung tersebut, ia pun bertanya kepada si orang gila dari mana uang itu dia dapatkan. Namun, orang gangguan jiwa berat tersebut tidak menjawab.

"Sudah saya tanya tapi enggak menjawab. Kami juga sudah tanya nama dan alamat asalnya. Tapi yang bersangkutan juga tidak menjawab," ujar dia.

Bima menyebutkan ciri-ciri pria itu berkumis, pakaian yang dikenakam berwarna merah dan sudah lusuh. Saat ini pria tersebut masih dirawat di rumah singgah milik Dinsos Madiun. Nantinya pria ini akan dirawat sampai sembuh supaya bisa menunjukkan alamat tinggalnya.

Dia berharap bagi masyarakat yang mengenali maupun keluarga yang merasa kehilangan pria tersebut untuk bisa mendatangi petugas.

Baca juga berita Solopos.com lainnya di sini.

 

Simak juga video pilihan berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.