Sukses

Jokowi: Mengurus Negara Tidak Mudah, Berikan Kepada yang Berpengalaman

Ia pernah menjabat sebagai Wali Kota Solo dua periode, Gubernur DKI Jakarta, dan Presiden.

Liputan6.com, Bandung - Calon presiden nomor urut 01, Jokowi menghadiri acara deklarasi Alumni Jabar Ngahiji, Gebrakan Satu Jabar Bandung Ngahiji di Monumen Perjuangan Rakyat Jawa Barat, Jalan Dipatiukur, Minggu (10/3/2019).

Dalam kunjungannya itu Jokowi memberikan pidato. Ia meminta pendukungnya berhati-hati dalam memilih pemimpin.

Hal itu terkait pengalamannya mengurus negara. Ia mengatakan, Indonesia adalah negara besar, di mana penduduknya 269 juta jiwa yang tersebar di 34 provinsi.

"Kita sadar bahwa mengelola negara sebesar Indonesia ini tidak mudah, tidak gampang," ujar Jokowi.

Jokowi bersyukur karena sudah berpengalaman di pemerintahan. Ia pernah menjabat sebagai Wali Kota Solo dua periode, Gubernur DKI Jakarta, dan Presiden.

"Pengalaman itulah yang menambah dorongan motivasi dan memudahkan saya mengelola pemerintahan," kata Jokowi.

"Jadi perlu saya ingatkan lagi, dengan negara sebesar Indonesia mengelolanya tidak mudah tidak gampang. Jadi jangan diberikan kepada yang belum berpengalaman," sambung Jokowi yang disambut riuh para hadirin.

Sebelum memberi sambutan, Jokowi sempat menyimak deklarasi dari perwakilan Jabar Ngahiji, Nila Oktaviani.

"Kami rakyat Jabar Ngahiji, alumni perguruan tinggi, relawan, komunitas Jabar, meneguhkan tekad untuk memenangkan Jomin (Jokowi-Amin) dalam Pilpres 2019. Kami bertelad akan memerangi hoaks, fitnah, dan upaya menghancurkan kokoh bentengnya pancasila," kata Nila.

Saksikan video pilihan berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.