Gelora Perang Melawan Narkoba dari Generasi Milenial di Pekanbaru

Oleh M Syukur pada 09 Mar 2019, 01:02 WIB
Ribuan butir narkoba jenis pil ekstasi yang pernah disita Polda Riau.

Liputan6.com, Pekanbaru- Sebanyak 16 ribu warga milenial di Kota Pekanbaru menyatakan siap memerangi penyalahgunaan dan memberantas peredaran narkoba di Provinsi Riau. Dengan tagline hidup sehat dan terhormat tanpa narkoba, mereka bakal mendeklarasikannya di halaman kantor Gubernur Riau.

Menurut Wakil Direktur IV Reserse Narkoba Bareskrim Mabes Polri Kombes Krisno Halamoan Siregar SIK, kampanye anti narkoba itu sebelumnya sudah dilakukan di Padang, Sumatera Barat. Pekanbaru menjadi kota kedua yang dilaksanakan pada Minggu (10/3/2019).

"Berikutnya di Aceh dan Medan, kegiatan menyasar milenial karena akrab dengan informasi teknologi. Generasi milenial rentan terhadap penyalahgunaan narkoba," kata Krisno di Mapolda Riau, Jumat (8/3/2019).

Menurut Krisno, Riau dipilih karena selama ini menjadi pintu masuk narkoba dari negara tetangga. Apalagi Bumi Lancang Kuning memiliki garis pantai terpanjang di bagian utara sehingga sulit terpantau petugas.

Mudahnya masuk narkoba diharap menjadi amunisi bagi generasi milenial melawannya agar tidak membeli atau mendekatinya. Tanpa adanya pengguna maka pasar narkoba menjadi mati dengan sendirinya.

"Tujuan kegiatan ini agar generasi milenial menggelorakan perlawanan terhadap narkoba," ucap Krisno.

Krisno berharap Polda Riau sebagai panitia daerah kian menggencarkan kampanye melawan narkoba. Hingga ke tingkat Polres sampai Polsek diharap merangkul milenial di lembaga pendidikan melawan narkoba.

"Karena inikan iven, jadi jangan sampai seremonial saja, harus ada tindakan nyata selanjutnya agar narkoba tidak merusak generasi," tegas Krisno.

Sementara itu, Direktur Reserse Narkoba Polda Riau Kombes Hariono mengajak masyarakat hadir meramaikan kegiatan yang juga menggandeng gerakan anti narkoba (Granat) ini. Sejumlah hadiah menarik dan hiburan juga disiapkan bagi peserta.

"Ada lima hadiah umrah, puluhan sepeda motor, puluhan kulkas, dan ada Band Wali sebagai penghibur. Nanti ada gerak jalan santai milenial memerangi narkoba," jelas Hariono.

Saksikan video pilihan berikut ini: