Sukses

Polri-TNI Latihan Bersama untuk Pengamanan Pemilu 2019 di Cimahi

Kegiatan bersama ini telah dimulai dari tingkat Polda Jabar hingga satuan kewilayahan dengan melibatkan 22.870 personel Polri, 10.646 personel TNI dan 242.455 linmas yang akan melaksanakan pengamanan di 116.521 TPS.

Liputan6.com, Bandung - Dalam rangka persiapan pengamanan Pemilu 2019, Polda Jawa Barat dan Kodam III/Siliwangi menggelar latihan gabungan TNI-Polri dalam simulasi pengamanan Pileg dan Pilpres 2019 di Lapangan Brigif Cimahi, Jumat (8/3/2019).

Kapolda Jabar Irjen Agung Budi Maryoto mengatakan, melalui latihan bersama, diharapkan mampu menyamakan persepsi, pola pikir, pola sikap, pola tindak secara terpadu, sistematis dan komperhensif bagi para personel.

"Polda Jabar telah siap dalam mengamankan Pemilu 2019 yang diwujudkan melalui Asta Siap yaitu Siap Piranti Lunak, Siap Posko, Siap Latihan Pra Operasi, Kondisi Kamtibmas, Sarana Prasarana serta anggaran," kata Agung lewat keterangan kepada Liputan6.com.

Kegiatan bersama ini telah dimulai dari tingkat Polda Jabar hingga satuan kewilayahan dengan melibatkan 22.870 personel Polri, 10.646 personel TNI dan 242.455 linmas yang akan melaksanakan pengamanan di 116.521 TPS.

Kabid Humas Polda Jabar Kombes Trunoyudo Wisnu Andiko menambahkan, latihan gabungan TNI-Polri ini digelar untuk memastikan kesiapan, sekaligus menangkal segala potensi ancaman yang mungkin terjadi saat Pemilu 2019 serta meningkatkan sinergitas dan soliditas jajaran TNI Polri.

"Latihan diikuti oleh personel dari berbagai satuan yang berada di lingkungan Kodam III/Siliwangi serta Polda Jawa Barat, serta instansi pemerintah seperti Damkar Kota Cimahi dan Satpol PP Kota Cimahi," kata Trunoyudo.

Skenario simulasi diantaranya berkaitan penanganan unjuk rasa, pengendalian massa, termasuk menggunakan kendaraan taktis seperti water cannon untuk menghalau massa. Selain itu dilakukan upaya pencegahan serta deteksi gangguan keamanan, juga dilaksanakan dengan patroli gabungan Babinsa serta Bhabinkamtibmas.

Saksikan video pilihan berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.