Sukses

Viral Foto Warga Memancing di Jalan Tol

Curah hujan tinggi sejak kemaren malam hingga menyebabkan sungai yang terletak di wilayah Simpang Susun Madiun KM 604+000 jalan tol Ngawi Kertosono meluap.

Liputan6.com, Madiun - General Manager Operasi dan Pemeliharaan PT Jasamarga Ngawi Kertosono Kediri, Charles Lendra mengatakan, banjir di jalan tol Ngawi Kertosono tepatnya di KM 604+000 Madiun, Jawa Timur, mulai surut, Kamis (7/3/2019).

Hingga pukul 14.00 WIB tadi, ketinggian banjir sudah surut namun masih mencapai 70 cm.

Rekayasa lalulintas di Km 607+800 hingga Km 601+900 pun dilakukan dengan menggandeng pihak kepolisian.

"Sejak pukul 13.15 WIB, rekayasa lalulintas contraflow, di lokasi yang sama juga sudah mulai diberlakukan," katanya.

Curah hujan tinggi sejak kemaren malam hingga menyebabkan sungai yang terletak di wilayah Simpang Susun Madiun KM 604+000 jalan tol Ngawi Kertosono meluap.

Puncaknya pada hari Rabu (06/03) pukul 19.00 WIB, luapan air di Km 604+000 hingga Km 604+000 arah Jakarta mencapai batas reflector (guide post) atau setinggi 50 cm.

Sejak itu, sejumlah rekayasa lalu lintas demi keamanan pengguna jalan diberlakukan. Salah satunya, pengalihan lalulintas kendaraan Golongan I untuk tidak melewati wilayah jalan tol yang terdampak luapan sungai.

Melihat genangan air yang tidak juga surut dan cenderung bertambah tinggi serta mengantisipasi terputusnya akses Jalan Tol Ngawi Kertosono, sejak hari Kamis (07/03/2019) pukul 00.50 WIB, pengalihan seluruh golongan kendaraan dari Surabaya menuju Jakarta keluar Gerbang Tol (GT) Caruban pun dilakukan.

Sementara lalulintas arah sebaliknya yaitu dari Jakarta menuju Surabaya masih dapat dilalui semua kendaraan. Kendaraan yang keluar GT Caruban dapat mengakses jalan tol Ngawi Kertosono kembali setelah melalui jalan arteri dan masuk melalui GT Madiun.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Viral Warga Memancing di Jalan Tol

Di sisi lain, banjir yang melanda jalan tol juga dimanfaatkan warga sekitar untuk memancing. Bahkan foto dan video warga memancing di jalan tol viral.

Kasat Patroli Jalan Raya (PJR) Polda Jatim, AKBP Bambang S Wibowo menuturkan, warga memancing mengincar ikan yang ikut meluap dari tambak di sekitar sungai dekat jalan tol.

"Ya mereka memancing, tapi tidak memancing di jalan tol itu, tapi mancingnya di bawah jembatan tol yang disitu ada tambak yang tergenang air," ucap Bambang.

Foto-foto warga mencari ikan dan memancing itu memang beredar luas di media sosial (medsos). Tampak dari foto, sejumlah orang tengah asyik memancing dari flyover dan plengsengan tol Madiun yang terendam banjir.

Sementara, Charles menyampaikan, ke depannya, PT JNK akan berkoordinasi dengan pemerintah setempat untuk mencari solusi agar masalah ini tidak terulang kembali di kemudian hari," ucapnya.

PT JNK memohon maaf atas ketidaknyamanan ini dan pemakai jalan diimbau untuk selalu berhati-hati serta mengikuti arahan petugas dan rambu-rambu petunjuk yang ada.

Saksikan video pilihan berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.