KBRI Undang Perwakilan Sulsel 'Jualan' di Rusia

Oleh Liputan6dotcom pada 06 Mar 2019, 17:16 WIB
Diperbarui 06 Mar 2019, 17:16 WIB
Pulau Samalona

Liputan6.com, Makassar - Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) untuk Rusia mengundang perwakilan Sulawesi Selatan untuk memperkenalkan segala potensi yang dimiliki daerah itu pada acara Festival Indonesia di Moskow, Rusia pada 1-4 Agustus 2019.

Duta Besar Indonesia untuk Rusia M Wahid Supriyadi mengatakan festival yang keempat kalinya dilaksanakan itu lebih memfokuskan pada masalah budaya, wisata perdagangan dan investasi.

"Saya mengundang Pak Gubernur untuk partisipasi pada pestival Indonesia yang ke empat. Tadi saya banyak bicara dengan pak Wagub Sulsel dan menangkap suatu hal positif. Mudah-mudahan bisa ikut karena Makassar bisa mewakili Indonesia timur," katanya usai bertemu Wagub Sulsel Andi Sudirman Sulaiman di Baruga Lounge Kantor Gubernur di Makassar, Rabu (6/3/2019), dilansir Antara.

Ia menjelaskan, apa yang dilakukan hasilnya semua sudah kelihatan, perdagangan naik. Apalagi investasi Rusia cukup besar, turis wisatawan dari Rusia juga meningkat dalam setiap tahun dengan pestival ini.

"Dengan festival ini, kami menyarankan Sulsel agar berpartisipasi karena apa lagi dengan semangat Gubernur-Wakil Gubernur baru, kita tahu dan mengikuti dari bupati Banten lah," ucap Wahid Supriyadi.

Wahid juga menambahkan mencari investasi bukan perkara yang sulit namun permasalahan biasanya muncul di daerah. Sulsel sendiri menurut Wahid sangat terbuka dan pro investasi.

"Malahan yang saya sarankan kita mulai mengerjakan di bawah ketika hadir di sana sudah ada kontrak bisnis kontrak investasi dan itu yang saya bicarakan dengan Pak wagub jadi itu intinya," sebutnya.

Dalam pembicaraan ini juga disinggung terkait pariwisata yang cukup menjanjikan. Apalagi dengan potensi Sulsel di bidang pariwisata yang tidak kalah dengan daerah lain di Indonesia, dan didukung dengan akses penerbangan yang mendukung sektor pariwisata.

"Untuk itu kami minta Pak Gubernur bisa presentasi mengenai potensi itu, kesempatan bagus bisa bicara dengan kalangan pengusaha kalangan investor di Rusia," ungkapnya.

Wahid Supriyadi juga mengakui adanya persamaan antara Rusia dan Sulsel, misalnya di bidang bisnis yang cukup kuat.

"Saya kira akan mudah Sulsel untuk menarik investasi dari Rusia," tandasnya.

Wagub Sulsel Andi Sudirman Sulaiman mengapresiasi undangan tersebut. Apalagi bukan hanya sekedar menghadiri Festival tetapi juga akan ada diskusi-diskusi untuk bisnis potensial.

“Mudah-mudahan pak gubernur dan saya insyaallah bisa mempresentasikan potensi-potensi kami ke depannya untuk di Rusia sendiri. Karena kita juga tau mereka itu sangat kuat diinvestasi khususnya infrastruktur itu”, kata Wagub.

Selain itu di sektor pariwisata yang menjadi fokus saat ini tentunya sangat berpotensi untuk dipromosikan.

“Kita ini banyak sekali di sektor-sektor pariwisata adalah salah satu fokus kemudian di dunia pertambangan juga potensi dan juga ada di bisnis-bisnis tertentu dan banyak sekali, termasuk misalnya, kita baru saja ada direct connection Direct Call Port, paling dari Makassar dari luar dan ini bagus untuk diperdagangkan khususnya di produk-produk unggulan kita seperti Kakao dan sebagainya," sebutnya.