Sukses

Ulah Teledor Pemilik Lahan di Aceh Bikin Kelabakan Petugas Damkar

Tindakan Muhammad membakar lahan dengan cara seperti ini dapat berakibat fatal. Api bisa merambat ke tempat lain dan menimbulkan dampak yang lebih besar.

Liputan6.com, Aceh - Satu unit armada pemadam kebakaran berkapasitas 3 ribu liter air dikerahkan untuk memadamkan kebakaran lahan di Desa Bukit Makmur, Kecamatan Julok, Kabupaten Aceh Timur, Provinsi Aceh. Usut punya usut, kebakaran terjadi ulah teledor sang pemilik lahan.

Badan Penanggulangan Bencana Aceh (BPBA) mengatakan, pemilik lahan bernama Muhammad sengaja membakar rerimbunan yang menyemak di lahan miliknya dengan tujuan membuka lahan baru pada Senin, 4 Maret 2019. Hasilnya, lahan seluas satu hektare dilahap si jago merah.

Tindakan Muhammad membakar lahan dengan cara seperti ini dapat berakibat fatal. Api bisa merambat ke tempat lain dan menimbulkan dampak yang lebih besar.

Melihat ini, BPBD Aceh Timur bergerak cepat memadamkan api. Mereka juga melakukan koordinasi dengan pihak TNI-Polri untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan.

"Sengaja dibakar untuk pembuatan lahan baru. Api sudah dapat dipadamkan dan sekaligus melakukan pendinginan," kata Kepala BPBA, Ahmad Dadek, kepada Liputan6.com, Senin, 4 Maret 2019.

Dadek tidak menjelaskan lebih jauh nasib pemilik lahan. Apakah dia akan diberi sanksi oleh pihak berwenang atau tidak karena perbuatan teledornya.

Simak video pilihan berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.