Sukses

Catat Jadwal dan Cara Pesan Tiket Citros Saat Berlibur ke Cirebon

Pengelola kendaraan wisata Citros akan terus berinovasi meningkatkan pelayanan bagi pengunjung yang berlibur ke Pantura, Jawa Barat, khususnya Cirebon.

Liputan6.com, Cirebon - Wisatawan yang datang ke Cirebon semakin dimanjakan dengan beroperasinya kendaraan wisata Cirebon Tourism on Bus (Citros). Citros tersebut siap mengantar pengunjung yang akan berwisata ke sejumlah destinasi di Cirebon.

Sekretaris Organda Kota Cirebon Karsono mengatakan, Citros merupakan angkutan khusus dan hanya berhenti di beberapa tempat.

"Citros di Cirebon ada dua unit. Selain dari Pemprov Jabar untuk Kota Cirebon, adalagi yang dikelola koperasi Kodim Kabupaten Cirebon, tapi operasionalnya Organda," kata Karsono, Senin (4/3/2019).

Dia menyebutkan, dalam operasionalnya, Citros akan melintasi sembilan destinasi wisata. Mulai dari Makam Sunan Gunung Jati, kawasan Kota Tua Cirebon, Keraton Kasepuhan, Keraton Kacirebonan, dan Gua Sunyaragi.

Selain itu, wisata belanja Jalan Cipto Mangunkusumo, Stasiun Kejaksan, dan Citros juga melintasi kawasan kuliner Tuparev menuju destinasi akhir, yakni Pasar Batik di Desa Trusmi, Kabupaten Cirebon.

"Lama berhenti di setiap destinasi wisata 10 menit, jadi total waktu tempuh Citros 2 sampai 3 jam," kata dia.

Bagi pengunjung yang ingin naik Citros dapat membeli tiket di setiap lokasi wisata yang dilintasi. Penumpang yang naik Citros akan dipandu oleh pemandu wisata sepanjang perjalanan.

Dia menjelaskan, jam operasional Citros dalam satu hari terbagi menjadi tiga bagian. Dimulai dari jam 09.00 sampai 11.00 WIB, jam 13.00 sampai 15.00 WIB, dan 15.00 sampai 17.00 WIB.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Paket Wisata

"Ke depan Citros akan terus dikembangkan seperti pemesanan via aplikasi dan akan ada Citros Point sebagai ruang tunggu pengunjung dan pembelian tiket dengan fasilitasnya," ujar dia.

Harga satu tiket Citros untuk satu kali jalan. Oleh karena itu, dia mengimbau agar penumpang memperhatikan dengan seksama rute perjalanan Citros.

Karsono mengatakan, Citros tak hanya mengantar pengunjung ke destinasi wisata Cirebon. Dalam operasionalnya, Citros bisa melayani sewa maupun paket city tour.

"Di dalam Citros Point akan kami tambahkan fasilitas penunjang seperti penjualan souvenir dan oleh-oleh Cirebon," ujar Karsono.

Saksikan video pilihan berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.