9 Kereta di Surabaya yang Bisa Dipesan dengan Aplikasi KAI Access

Oleh Liputan6dotcom pada 01 Mar 2019, 22:00 WIB
Diperbarui 01 Mar 2019, 22:00 WIB
Ilustrasi tiket kereta api
Perbesar
Ilustrasi tiket kereta api (Liputan6.com/Andri Wiranuari)

Liputan6.com, Surabaya - Tiket sembilan kereta api lokal di PT KAI Daerah Operasi (Daop) Surabaya bisa dipesan melalui daring/online, dari sebelumnya yang hanya bisa dipesan dengan mendatangi stasiun terdekat.

Manajer Humas PT KAI Daop 8 Surabaya, Suprapto mengatakan, pemesanan tiket KA lokal secara daring itu merupakan bagian dari program nasional PT KAI, tujuannya untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat.

Pemesanan melalui daring dimulai 1 Maret 2019 dengan membuka akses pemesanan tiket melalui aplikasi KAI Access dengan metoda pembayaran menggunakan "LinkAja" atau aplikasi pembayaran digital dari Sinergi BUMN.

"Untuk mendapatkan layanan ini, pengguna harus melakukan update Aplikasi KAI Accessnya terlebih dahulu menjadi versi terbaru. Pembelian tiket KA Lokal dilakukan pada menu Local Train di aplikasi KAI Access," jelas Suprapto di Surabaya, Jawa Timur, Jumat (1/3/2019), dilansir Antara.

Untuk periode pembelian tiket KA lokal melalui KAI Access, tetap mengikuti aturan yang berlaku sesuai masing-masing KA, yaitu ada KA yang bisa dipesan H-7 (tujuh hari sebelum keberangkatan), dan ada yang bisa dilakukan hanya dengan pembelian langsung (Go Show) selama tiket masih ada. Ia mengatakan, fasilitas pembelian tiket daring ini karena melihat animo masyarakat yang sangat tinggi terhadap moda transportasi KA Lokal, sebab sebelumnya penumpang masih harus mengantre panjang hanya untuk membeli tiket KA Lokal.

"Kini, calon penumpang semakin mudah untuk memesan tiket KA lokal hanya dengan melalui gawai mereka dimana saja dan kapan saja. Diharapkan dengan kemudahan ini, bisa semakin meningkatkan jumlah penumpang KA Lokal di wilayah PT KAI Daop 8 Surabaya," katanya.

Sementara itu, berikut daftar nama KA Lokal yang beroperasi di wilayah PT KAI Daop 8 Surabaya yang dapat dibeli melalui aplikasi KAI Access, mulai 1 Maret 2019, yakni KA Komuter relasi Surabaya Pasarturi-Lamongan (Penjualan Langsung/Go Show), kemudian KA Komuter relasi Surabaya Kota -Porong.

Berikutnya, KA Jenggala relasi Sidoarjo-Mojokerto, (Pemesanan H-7), KA Tumapel relasi Malang Surabaya Gubeng- Surabaya Kota (Pemesanan H-7), KA Dhoho-Penataran relasi Surabaya Kota - Kertosono-Blitar/ pp (Pemesanan H-7), KA Penataran - Dhoho relasi Surabaya Kota - Malang - Blitar. (Pemesanan H-7).

Selain itu, KA Ekonomi Lokal relasi Kertosono - Surabaya Kota (Pemesanan H-7), KA Ekonomi lokal relasi Surabaya- Sidoarjo (Pemesan H-7), KA Ekonomi Lokal relasi Sidoarjo - Bojonegoro /pp (Pemesanan H-7).

Ia mengatakan, pembelian tiket KA lokal melalui KAI Access hanya berlaku untuk satu identitas penumpang dan satu relasi/rute KA pada hari yang sama.

"Nantinya penumpang yang membeli tiket KA Lokal di KAI Access, cukup menunjukkan Kartu Identitas asli sesuai nama pada tiket dan E-Boarding Pass saat melakukan boarding untuk naik KA. Tiket KA Lokal yang dibeli di KAI Access hanya dapat dibatalkan dan diubah jadwalnya melalui loket stasiun," katanya.

Sementara itu, pada 2017 jumlah penumpang KA Lokal di wilayah Daop 8 Surabaya mencapai 5.413.358 penumpang. Lalu pada 2018, naik sebesar 8 persen menjadi 5.585.342 orang.

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya