Sukses

Top 3 Berita Hari Ini: Wisata Sungai Sejuta Ikan Desa Jambu Kediri Dulunya...

Dulunya sungai untuk saluran irigasi tersebut kerap dijadikan warga Desa Jambu Kediri untuk buang hajat.

Kediri - Top 3 Berita Hari Ini, jutaan ekor ikan kini memadati saluran irigrasi sepanjang 300 meter di dusun Kedung Cangkring Desa Jambu Kecamatan Kayen Kidul Kabupaten Kediri Jawa Timur.

Boleh percaya boleh tidak, dulunya sungai tersebut kerap dijadikan warga untuk buang hajat. Semua berawal dari bentuk keprihatinan perangkat desa setempat yang melihat kondisi alam yang asri serta kualitas air irigasi yang jernih tak mampu dimanfaatkan warga untuk mendulang rezeki.

Hasilnya, kini Desa Jambu menjadi salah satu ikon wisata di Jember dimana pengunjungnya bisa mandi dan berselfie ria dengan jutaan ikan di dalam saluran irigasi.

Di Pulau Seram, Maluku, bentrokan antarwarga pecah. Tepatnya melibatkan warga Desa Hualoy dan Desa Lattu. Belum diketahui apa yang menyebabkan kedua warga saling serang. Belakangan diketahui salah satu warga kena tembak akibat peristiwa ini.

Sementara di Sukoharjo, Jawa Tengah, tabloid bodong berisi propaganda mewarnai jelang hari pencoblosan 17 April 2019. Tidak hanya satu, tapi tiga sekaligus. 

Seperti halnya Tabloid Indonesia Barokah, isinya dikabarkan tentang profil calon anggota legislatif hingga calon presiden. Apakah juga berisi ujaran kebencian? Tidak. Ketiga tablod berisi kampante positif. 

Berikut berita terpopuler dalam Top 3 Berita Hari Ini

1. Sensasi Mandi Pagi Bersama Sejuta Ikan di Wisata Desa Jambu Kediri

Wisata Desa Jambu kabupaten Kediri (Liputan6.com/Dian Kurniawan)

Jutaan ekor ikan bergerombol saling berebut makan pemberian dari pengunjung. Pemandangan seperti ini dapat dijumpai di wisata desa Jambu Kecamatan Kayen Kidul Kabupaten Kediri.

Wisata edukasi sejuta ikan baru ada sekitar dua tahun lalu. Dulu, sebelum ditetapkan sebagai lokasi wisata desa, tempat ini setiap harinya dipergunakan oleh sejumlah warga untuk buang hajat (BAB).

Sepanjang saluran irigasi bercokol sejumlah lapak yang dibangun oleh warga untuk penutup saat akan buang air besar.

Selengkapnya... 

2. Bentrok Warga Pecah di Pulau Seram, 2 Sekolah Terbakar

Kepulan asap tebal, diduga akibat terbakarnya sekolah ketika pecah bentrok antar warga Desa Hualoy dan Desa Lattu, Rabu 20 Februari 2019. (Abdul Karim/ Liputan6.com)

Bentrokan antarwarga pecah di Pulau Seram, Rabu (20/2/2019). Bentrokan yang melibatkan warga Desa Hualoy dan Desa Lattu menyebabkan dua sekolah di Desa Hualoy Kecamatan Amalatu, Kabupaten Seram Bagian Barat (SBB)-Maluku, hangus tebakar. Tak ada korban jiwa dari peristiwa saling serang ini.  

Selain sekolah, dua unit rumah dinas guru juga ikut terbakar. Menurut sejumlah saksi, bunyi ledakan yang diduga bom rakitan terdengar beberapa kali pada saat kejadian. Suara tembakan juga terdengar.

Situasi keamanan sudah dikuasai personel TNI-Polri. Namun, warga dari kedua desa yang bertetangga ini masih terlihat mempersanjatai diri dengan senjata tajam.

Selengkapnya... 

3. Jelang Hari Pencoblosan Sukoharjo Dibanjiri Tabloid Propaganda

Foto: Solopos.com/ Indah Septiyaning W

Jelang hari pencoblosan 17 April 2019, Kabupaten Sukoharjo dibanjiri tabloid bodong berisi propaganda. Setelah Indonesia Barokah, Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) juga menemukan Tabloid Kerja, Suara Indonesia Raya, dan Tabloid Setiadharma.

Komisioner Divisi Hukum dan Data Informasi Bawaslu Sukoharjo Muladi seperti dikutip laman Solopos mengatakan, ketiga tabloid yang ditemukan beredar belakangan berisi hampir sama dengan Tabloid Indonesia Barokah.

Berbeda dengan peredaran tabloid Barokah di masjid-masjid, dia mengatakan tiga tabloid yang ditemukan Bawaslu beredar saat kegiatan sosialisasi partai maupun calon tertentu. Substansi konten tabloid itu pun lebih banyak berisi kampanye positif.

Selengkapnya...

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.