Top 3 Berita Hari Ini: Decak Kagum Bumi Serambi Makkah Akan Tabuhan dan Tarian Barongsai

Oleh Muhamad RidloLiputan6.comMaria Flora pada 06 Feb 2019, 07:30 WIB
Barongsai Hibur Penumpang Commuter Line

Liputan6.com, Aceh - Hari Raya Imlek menjadi salah satu berita terpopuler di kanal Regional, Liputan6.com. Momen tersebut kerap identik dengan berbagai dekorasi berwarna merah hingga atraksi barongsai dan Liong yang selalu membuat orang berdecak kagum.

Adalah Tim Barongsai Golden Dragon binaan Yayasan HAKKA Aceh yang terdiri dari 20-an orang remaja memainkan seni barongsai di perayaan Imlek 2019 di kota berjuluk Serambi Makkah tersebut. 

Bagaimana tidak, dua orang dipasangkan untuk memainkan barongsai sambil bergerak mengikuti irama tabuhan dengan melakukan beberapa akrobat.

Bukan perkara mudah untuk melakukan tarian baronsai, karena selain dibutuhkan kekompakan, konon para pemainnya bisa membutuhkan waktu selama 4 tahun untuk latihan agar mahir.

 

Sementara itu, salah satu tradisi yang tak ketinggalan dilakukan saat menyambut Imlek adalah membakar dupa. Masyarakat Tionghoa percaya, pembakaran dupa dapat menghilangkan karna buruk yang dialami. Karma buruk seperti apakah itu?

Berikut berita terpopuler dalam Top 3 Berita Hari Ini:

1. Keharmonisan dalam Pertunjukan Barongsai di Serambi Mekkah

Tarian barongsai hibur warga keturunan Tionghoa pada malam Tahun Baru Imlek di Vihara Amurva Bhumi, Jakarta, Senin (04/2). Tarian barongsai yang sebelumnya telah diberkati bertujuan untuk mengusir setan. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Pertunjukan atau atraksi seni Barongsai binaan Yayasan HAKKA Aceh meriahkan perayaan tahun baru Imlek 2570 di pusat kota Provinsi Aceh.

Sekitar 20-an orang remaja memainkan seni Barongsai Tradisional sejak pukul 09:00 Wib hingga sore dini hari di wilayah Pasar Peunayong, Banda Aceh.

Pertunjukan atraksi Barongsai pada perayaan tahun baru Imlek 2570 masih tradisional dan keseluruhan berada di 26 titik terdiri dari tempat peribadatan dan sekolah-sekolah.

Selain di lokasi itu, atraksi barongsai juga ditampilkan di vihara, gereja, rumah makan, dan hotel.

Selengkapnya... 

2. Detik-Detik Menegangkan Penyelamatan Barang dari Bus Terbakar di Kebumen

Bus Budiman terbakar di Kebumen, Jawa Tengah. (Foto: Liputan6.com/Istimewa/Muhamad Ridlo)

Warganet Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah dihebohkan oleh video bus terbakar yang beredar di berbagai linimasa, Senin, 4 Februari 2019.

Dalam video tersebut, terlihat bus terbakar hebat. Sejumlah petugas pemadam kebakaran berjibaku memadamkan api yang sudah nyaris menghanguskan seluruh tubuh bus.

Bus yang terbakar ini adalah Bus Budiman jurusan Tasik-Solo. Senin dinihari sekitar pukul 02.45 WIB, bus tengah melaju di Kilometer 10 Desa Kaliputih Kecamatan Kutowinangun Kabupaten Kebumen.

Selengkapnya...

3. Menghapus Karma Buruk di Kelenteng Po Hwa Kong Mataram

Warga membakar hio jelang melakukan sembahyang Imlek di Vihara Dhanagun, Bogor, Selasa (5/2). Sembahyang ini untuk memanjatkan doa keselamatan, kesehatan dan keberuntungan di tahun mendatang. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Warga Tionghoa mendatangi Kelenteng Po Hwa Kong di Kota Tua Ampenan, Mataram, Nusa Tenggara Barat, untuk merayakan Tahun Baru Imlek.  

Tapi tidak sedikit juga warga yang tinggal di pesisir Pantai Ampenan datang ke lokasi tersebut untuk menyaksikan perayaan Imlek.

Nia, warga kawasan Cakranegara menyebutkan dirinya bersama datang ke kelenteng Po Hwa Kong untuk melaksanakan sembahyang Imlek, yang merupakan salah satu dari ritual perayaan Tahun Baru imlek. Sedangkan ritual pembakaran dupa bertujuan untuk menghilangkan karma buruk.

Selengkapnya...

 

2 of 2

Saksikan video pilihan di bawah ini:

Lanjutkan Membaca ↓