Warna-warni Imlek di Kota Toleran Manado

Oleh Yoseph Ikanubun pada 05 Feb 2019, 17:02 WIB
Imlek di Manado

Liputan6.com, Manado - Ribuan warga Manado dari berbagai latar belakang agama, suku, dan budaya, memadati kawasan pecinan tepatnya di kompleks Klenteng Ban Hing Kiong dan Klenteng Kwan Kong, Manado, Senin, 4 Februari 2019, malam. Mereka turut merayakan malam pergantian tahun China.

Perayaan Imlek berlangsung semarak, disertai sejumlah harapan dari warga Tionghoa di tahun babi tanah ini.

"Harapan kami semoga di tahun ini, perekonomian Indonesia semakin baik sehingga rakyat bisa makin sejahtera," ungkap Lien Widjaya, salah satu warga keturunan Tionghoa yang ditemui usai melakukan ritual di Klenteng Ban Hing Kiong.

Selain sektor perekonomian, dia juga berharap pada tahun 2019 ini situasi politik Indonesia bisa stabil dan kondusif apalagi menghadapi agenda pemilihan presiden.

Susanty Tan, warga kecamatan Wenang, Manado, berharap agar Kota Manado bisa kembali pulih terutama setelah dilanda bencana banjir dan longsor akhir pekan lalu. "Sebagai warga Manado, kami berharap kerukunan antar-etnis dan agama tetap terjaga, saling membantu membangun Manado, terutama setelah terjadinya bencana," ujar Tan.

Perayaan Imlek tahun ini berlangsung semarak dengan diisi berbagai atraksi tarian dan olahraga khas Tionghoa seperti barongsai dan wushu. Nuansa keberagaman juga tampak kental dalam perayaan ini.

Hal lain lagi yang menjadi daya tarik adalah kawasan klenteng yang dihiasi lampion digantung berjejeran di halaman. Beberapa spot foto menarik menarik tak luput dari perhatian warga untuk melakukan swafoto.

Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey mengatakan, pada Imlek kali ini, dirinya sangat berterima kasih karena masyarakat Sulut begitu rukun dalam setiap perayaan keagamaan yang ada.

"Semoga kita selalu diberkati oleh Tuhan dan mendapatkan berkat-berkat kota toleransi yang terbaik di seluruh Indonesia ini," kata Olly sambil mengimbau agar seluruh warga menjaga persatuan dan kerukunan yang selama ini sudah terbina.

Pesta kembang api menutup rangkaian perayaan Imlek 2570. Langit Manado pun dihiasi cahaya warna-warni.

 

Simak video pilihan berikut ini: